London Stock Exchange Terobosan Baru: Platform Blockchain untuk Aset Tradisional!

London Stock Exchange Terobosan Baru: Platform Blockchain untuk Aset Tradisional!

London Stock Exchange Group (LSEG) sedang dalam tahap perencanaan untuk membangun sebuah platform berbasis blockchain yang menawarkan aset keuangan tradisional.

Dengan teknologi ini, LSEG berharap dapat meningkatkan efisiensi dalam membeli, menjual, dan menyimpan aset tradisional.

Inovasi Teknologi Blockchain di LSEG

LSEG telah memeriksa potensi platform perdagangan berbasis blockchain selama sekitar satu tahun dan kini telah memutuskan untuk mendorong rencananya ke depan.

Menurut Murray Roos, kepala pasar modal di LSEG, ide utamanya adalah menggunakan teknologi digital untuk menciptakan proses yang lebih lancar, murah, dan transparan untuk aset tradisional.

Meskipun blockchain dikenal sebagai teknologi yang mendasari mata uang crypto seperti Bitcoin dan Ethereum, LSEG menegaskan bahwa mereka tidak akan membangun sesuatu yang berkaitan dengan mata uang crypto.

Baca Juga: Tim Basket London Lions Masuk Dunia Crypto, Sambut Era Pembayaran Crypto dalam Dunia Olahraga!

Sebaliknya, mereka akan memanfaatkan teknologi blockchain untuk meningkatkan efisiensi perdagangan instrumen keuangan tradisional.

LSEG juga berencana untuk membuat entitas hukum terpisah untuk bisnis pasar digital ini dan berharap dapat menjalankannya dalam waktu satu tahun, tergantung pada persetujuan regulator.

Manfaat Blockchain dalam Perdagangan Aset Tradisional

Twitter

Dengan teknologi blockchain, aset tradisional dapat melalui proses yang dikenal sebagai “tokenisasi”.

Di mana aset diwakili di blockchain sebagai aset crypto atau token, yang dapat dilacak sebagai transaksi di buku besar digital.

Sebagai hasilnya, mereka mendapatkan manfaat dari ketahanan dan auditabilitas historis yang disediakan oleh blockchain.

Banyak aset keuangan dan dunia nyata dapat diwakili oleh token blockchain termasuk sekuritas, saham, obligasi, dan bahkan komoditas.

Teknologi ini telah dieksplorasi oleh banyak perusahaan lain, termasuk yang men-tokenisasi sekuritas dan saham serta perusahaan tokenisasi real estat.

LSEG memilih untuk mengimplementasikan pasar berbasis blockchain untuk memberikan pelanggan cara baru untuk melakukan transaksi sekuritas tradisional karena dapat menyediakan kemampuan perdagangan yang lebih mudah.

Kerjasama dengan Regulator dan Pemerintah

LSEG sudah berada dalam pembicaraan dengan regulator di berbagai yurisdiksi, serta dengan Pemerintah dan Kementerian Keuangan Inggris.

Ini menunjukkan komitmen LSEG untuk memastikan bahwa platform baru mereka sepenuhnya sesuai dengan hukum dan regulasi yang berlaku.

Dengan operasi di seluruh dunia, LSEG akan dapat melakukan transisi antara banyak pihak, seperti pembeli di Swiss, aset Jepang, dan penjual Amerika dengan mudah.

Transaksi semacam itu akan menjadi rumit dan melibatkan banyak tangan dan banyak dokumen dalam sistem tradisional.

Tujuan akhirnya adalah platform global yang memungkinkan peserta di semua yurisdiksi untuk dapat berinteraksi dengan orang di yurisdiksi lain dengan sepenuhnya mematuhi aturan, hukum, dan regulasi, bahkan mungkin di beberapa yurisdiksi secara bersamaan.

Paragraf Penutup

Dengan langkah berani ini, LSEG menunjukkan visi dan komitmennya untuk mengintegrasikan teknologi terbaru ke dalam infrastruktur keuangan tradisional.

Baca Juga: Jelang London Fork, Analis Prediksi Harga Ether Banding Bitcoin Naik Hingga 40% 

Jika berhasil, ini bisa menjadi tonggak sejarah dalam cara kita memandang dan berinteraksi dengan pasar keuangan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: