Bagaimana Litecoin ‘Menyelamatkan’ Dogecoin: Sebuah Tinjauan Sejarah yang Sering Diabaikan

Bagaimana Litecoin ‘Menyelamatkan’ Dogecoin: Sebuah Tinjauan Sejarah yang Sering Diabaikan

Dogecoin, yang dikenal sebagai mata uang meme token pertama, memiliki sejarah yang kaya dan menarik.

Namun, ada satu peristiwa yang sering diabaikan: bagaimana Litecoin berperan dalam ‘menyelamatkan’ Dogecoin. Mari kita jelajahi kisah ini lebih lanjut.

Peran Litecoin dalam Masa Sulit Dogecoin

Twitter

Pada tahun 2014, Dogecoin menghadapi tantangan besar yang dapat mengancam eksistensinya.

Untuk mengatasi masalah ini, Dogecoin memutuskan untuk melakukan “merged mining” dengan Litecoin.

Proses ini memungkinkan Dogecoin untuk memanfaatkan infrastruktur keamanan Litecoin, yang pada saat itu lebih kuat.

Baca Juga: Widih! Transaksi Jaringan Litecoin (LTC) Meroket Hampir 400%, Apa Faktornya?

Shan Belew, seorang pendukung Litecoin, menyoroti peristiwa ini dan mengungkapkan kekecewaannya karena Dogecoin tidak memberikan pengakuan yang cukup kepada Litecoin.

Menurut Belew, “Cerita tentang bagaimana Litecoin menyelamatkan Dogecoin pada 11 September 2014 sangat menarik dan sering diabaikan.”

Upaya Belew untuk memperbarui halaman Wiki Dogecoin dengan informasi relevan tentang “merged mining” antara Litecoin dan Dogecoin ditolak oleh moderator Wikipedia. Hal ini menambah frustrasi Belew dan banyak pendukung Litecoin lainnya.

Dogecoin: Dari Lelucon Menjadi Fenomena

Dogecoin diciptakan pada tahun 2013 oleh Billy Markus dan Jackson Palmer sebagai lelucon. Namun, dengan cepat mendapatkan popularitas dan menjadi salah satu crypto terbesar dengan kapitalisasi pasar lebih dari $9 miliar.

Pada tahun 2021, Dogecoin mencapai harga tertinggi sepanjang masa sebesar $0.7376. Elon Musk, orang terkaya di dunia, diketahui sering memberikan komentar tentang Dogecoin yang berdampak positif pada harganya.

Selain itu, ada laporan yang menunjukkan bahwa Musk tidak hanya memberikan komentar tentang Dogecoin, tetapi juga mendanai pengembangan koin meme tersebut secara diam-diam.

Litecoin: Fluktuasi Harga Pasca-Halving

Pada 2 Agustus 2023, Litecoin mengalami peristiwa “halving“, saat reward blok untuk penambang berkurang menjadi setengahnya.

Meskipun peristiwa halving biasanya diikuti dengan kenaikan harga, tahun ini berbeda untuk Litecoin.

Pada hari peristiwa halving Litecoin, LTC diperdagangkan pada $93.29. Namun, setelah halving, harga Litecoin mengalami penurunan sebesar 17,1% dalam kurang dari 14 hari. Analis percaya bahwa Litecoin mungkin akan terus bearish selama kuartal ketiga 2023.

Paragraf Penutup

Sejarah crypto penuh dengan peristiwa menarik dan tak terduga.

Kisah tentang bagaimana Litecoin ‘menyelamatkan’ Dogecoin adalah salah satu dari banyak cerita yang menunjukkan betapa dinamis dan saling terkaitnya dunia crypto.

Baca Juga: Berkat Halving dan Transaksi LTC20, Harga Litecoin (LTC) Terlihat Naik 7,5%

Sebagai investor atau peminat, memahami sejarah ini dapat memberikan wawasan berharga tentang masa depan industri ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: