Litecoin (LTC) Halving Semakin Dekat, Apa Saja Dampaknya?

author:

Litecoin (LTC) Halving Semakin Dekat, Apa Saja Dampaknya?

Pemotongan (halving) adalah acara penting dalam industri crypto yang merujuk pada pengurangan hadiah blok untuk penambang yang memvalidasi transaksi di blockchain sebesar setengahnya.

Hal ini berarti penambang akan menerima lebih sedikit koin untuk setiap blok yang mereka tambang. Litecoin, salah satu pemain lama crypto, akan segera melakukan halving dalam waktu dekat, kira-kira apa saja dampaknya pada pasar dan investor crypto?

Temukan jawabnnya di bawah sini!

Apa Itu Halving Litecoin?

Untuk memahami apa itu halving Litecoin, kita perlu melihat konteks historis. Hingga saat ini, Litecoin telah mengalami dua halving. Blok genesis Litecoin ditambang pada 7 Oktober 2011, menandai awal perjalanannya dengan hadiah blok sebesar 50 LTC. Sekitar empat tahun kemudian, pada ketinggian blok 840.000, halving pertama terjadi, mengurangi hadiah menjadi 25 LTC.

Kemudian, halving kedua terjadi pada ketinggian blok 1.680.000, menghasilkan pengurangan lebih lanjut dari hadiah menjadi 12,5 LTC. Pemotongan Litecoin berikutnya diperkirakan akan terjadi sekitar 5 Agustus 2023, khususnya pada ketinggian blok 2.520.000.

Baca juga: Prediksi Harga Litecoin 2023, 2025, 2030: Terdapat Persilangan Positif, LTC Diramal Tembus Rp29 Juta?

Menurut laporan, halving Litecoin memiliki dampak signifikan pada penambangan Litecoin. Setelah pemotongan, penambang akan menerima lebih sedikit Litecoin untuk setiap blok yang mereka tambang, yang berarti pasokan Litecoin baru ke pasar akan berkurang.

Dampak Pemotongan pada Sentimen Investor dan Aksi Harga Litecoin

prediksi harga litecoin 2023
Namecoinnews

Setelah berhasil menambang blok, kebanyakan penambang sering menjual token yang mereka terima sebagai hadiah blok, yang mengarah pada peningkatan pasokan LTC yang tersedia di pasar. Namun, selama acara halving, hadiah blok berkurang, yang kemudian memperlambat laju peningkatan pasokan LTC.

Mekanisme ini memainkan peran penting dalam aksi harga Litecoin (LTC). Dalam antisipasi acara pemotongan yang sangat dinanti-nantikan, Outlook India (20/5/23) melaporkan bahwa Litecoin telah menunjukkan momentum yang mengesankan, naik hampir $92,94 dalam beberapa hari terakhir, mewakili kenaikan yang luar biasa sebesar 14%.

Analisis pasar memantau perkembangan ini dan percaya bahwa acara halving yang akan datang bisa berfungsi sebagai katalis penting untuk mendorong Litecoin (LTC) melampaui zona resistensi yang disebutkan. Potensi terobosan pada level kritis ini telah memicu optimisme di antara investor dan spekulan, yang berkontribusi pada lintasan naik harga token.

Penambang Litecoin Mengalami Penurunan Biaya

Sementara para pemegang Litecoin sangat bersemangat dan meningkatkan aktivitas, para penambang di jaringan tidak mengalami dampak yang sama. Grafik biaya penambang dari Glassnode menunjukkan potensi efek sebaliknya.

penambang litecoin ltc
Sumber: Glassnode

Setelah memeriksa grafik di atas, terlihat jelas bahwa penambang LTC mengalami dua lonjakan biaya pada tanggal 10 dan 15 Mei 2023, melebihi 20 LTC. Namun, telah terjadi penurunan biaya setelah lonjakan tersebut.

Baca juga: Menguasai Pasar, Volume Perdagangan DEX Tertinggi Mencapai 22% di Mei 2023

Per 6 Juni 2023, AMB Crypto melaporkan bahwa biaya berkisar di sekitar 11 LTC, salah satu titik terendah yang diamati pada grafik.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: