Litecoin Akan Segera Lakukan Halving, Apa Dampaknya Bagi Pasar Crypto?

Litecoin Akan Segera Lakukan Halving, Apa Dampaknya Bagi Pasar Crypto?

Litecoin, salah satu crypto terbesar di dunia, akan segera melakukan halving, sebuah proses yang memotong separuh hadiah penambangan. Halving ini dijadwalkan berlangsung dalam waktu dekat dan akan mempengaruhi dinamika pasar Litecoin. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bagaimana Proses Halving Litecoin?

Halving adalah proses di mana hadiah blok untuk penambangan crypto dipotong menjadi setengah. Untuk Litecoin, hadiah yang awalnya 50 LTC per blok, dipotong menjadi setengah setelah setiap 840.000 blok yang ditambang, atau kira-kira setiap 4 tahun.

Saat ini, hadiah penambangan Litecoin adalah 12,5 LTC, dan dijadwalkan akan menjadi 6,25 LTC setelah halving berikutnya.

Seperti Bitcoin, yang membatasi pasokannya menjadi 21 juta BTC, Litecoin juga memiliki batas pasokan sebesar 84 juta LTC. Sekitar 87% dari LTC sudah beredar di pasar.

Baca Juga: Dalam Rangka Litecoin Halving, Litecoin Foundation Umumkan Penjualan 500 Kartu Kolektor Perak!

Dampak Halving pada Harga Litecoin

Dilansir dari Blockworks, sebelum halving pada tahun 2015, harga LTC meningkat sebesar 824%, dan pada tahun 2019, harga LTC naik 525%, mencapai puncaknya 7 minggu sebelum halving.

Namun, analis Matteo Greco dari Fineqia International mencatat bahwa kenaikan harga 40% yang terjadi pada akhir Juni kemungkinan adalah harga tertinggi untuk jangka menengah ini.

Pada 3 Juli 2023, LTC mencapai $113, harga tertinggi sejak April 2022. Halving Litecoin tampaknya menjadi acara ‘buy the rumor, sell the news’ dengan peningkatan harga yang signifikan dalam beberapa bulan sebelumnya, dan pembalikan aksi harga setelahnya, menunjukkan bahwa kejutan pasokan sudah dipertimbangkan.

Baca Juga: 3 Trader Prediksi Harga Litecoin (LTC) Menjelang Halving, Bullish atau Bearish?

Dampak Halving pada Penambang dan Token Crypto Lainnya

market litecoin
Sumber: Akun Twitter Lunar Crush

Dengan penurunan hadiah penambangan Litecoin, penambang bisa terkena dampak dari segi keuntungan. Namun, ini diimbangi oleh penurunan kesulitan penambangan ketika tingkat hash turun, yang mengurangi biaya penambangan.

Youwei Yang, ekonom utama di BIT Mining, mencatat bahwa karena mekanisme dual-mining Litecoin dengan Dogecoin, dampak pada profitabilitas penambang bisa lebih diminimalkan. Meski hadiah blok Litecoin akan dipotong menjadi setengah, hadiah blok Dogecoin tetap sama.

Halving Litecoin mungkin tidak memiliki dampak substansial pada Bitcoin atau altcoin lainnya karena ukurannya yang relatif kecil dibandingkan dengan Bitcoin dan algoritma penambangan spesifiknya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: