AI Kini Bisa Bertransaksi dan Simpan Bitcoin, Terobosan Baru dari Lightning Labs!

AI Kini Bisa Bertransaksi dan Simpan Bitcoin, Terobosan Baru dari Lightning Labs!

Lightning Labs, perusahaan yang terkenal dengan solusi Lightning Network-nya, baru-baru ini membuat terobosan dengan merilis seperangkat alat yang memungkinkan AI (Kecerdasan Buatan) untuk melakukan transaksi dan menyimpan Bitcoin. Inovasi ini berpotensi mengubah cara penggunaan dan manajemen cryptocurrency. Simak berita lengkapnya berikut ini!

AI dan Bitcoin: Kolaborasi Masa Depan

ai dan btc
Sumber: Akun Twitter Lightning Labs

Lightning Labs mengumumkan toolkit baru ini pada tanggal 6 Juli 2023, yang membantu aplikasi AI seperti ChatGPT OpenAI untuk berinteraksi dengan jaringan Bitcoin untuk mengirim, menerima, dan menyimpan cryptocurrency.

Langkah ini bertujuan untuk membuat pembayaran lebih cepat, lebih murah, dan lebih mudah bagi pengembang AI yang akan dapat menjauhkan diri dari jalur pembayaran tradisional yang seringkali membebani, sekaligus memungkinkan model AI berbayar-per-penggunaan di lightning.

Alat-alat ini dibangun di atas “protokol L402”, mekanisme autentikasi asli lightning. Ini juga menggunakan “Langchain,” sebuah perpustakaan yang digunakan untuk menyederhanakan operasi dengan aplikasi AI.

“Dengan alat yang kami rilis hari ini, pengembang akan dapat membangun infrastruktur AI yang lebih mudah diakses untuk manusia dan agen sejenisnya,” tulis press release Lightning Labs.

Baca Juga: AI Semakin Maju, Kini Musik AI Berkesempatan Memenangkan Penghargaan Grammy?

Mengatasi Hambatan Pembayaran Saat Ini

lightning labs ai
Sumber: M13

Tim Lightning Labs juga mengakui masalah dengan LLM saat ini, yang tidak memiliki mekanisme pembayaran berbasis web asli. Pengembang aplikasi AI dipaksa untuk mengandalkan metode pembayaran yang usang seperti kartu kredit dengan biaya tambahan yang ditanggung oleh pengguna, diklaimnya.

“Sebuah kelas baru yang berkembang pesat dari ‘organisme’ (LLM cerdas atau Agen AI) tidak dapat dengan mudah mengakses sistem pembayaran fiat karena mereka bukan ‘entitas’ yang terdaftar dengan negara mana pun,” catatnya.

Baca Juga: Google Ubah Kebijakan Privasi untuk Pelatihan AI, Inovasi atau Kontroversi?

Interoperabilitas Antara AI dan BTC untuk Pembayaran

Berbicara di podcast Stack Sats pada tanggal 6 Juli 2023, Kody Low, pengembang di platform pembayaran komunitas Fedi, mengomentari interoperabilitas antara AI dan BTC untuk pembayaran: “AI adalah salah satu hal di mana tidak ada solusi yang lebih baik di mana pun di dunia selain Bitcoin, dan perusahaan AI belum menyelesaikan masalah monetisasi mereka.”

Menurut data dari platform analitik Lightning Network 1ML, kapasitas saat ini adalah 5,432 BTC atau sekitar $163,5 juta. Bitcoin Visuals telah melaporkan penurunan jumlah saluran lightning selama setahun terakhir, dari sekitar 80.000 pada Juli 2022 menjadi sekitar 70.000 saat ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: