MrBeast dan ‘Creator League’: Kontroversi Penggunaan Blockchain Akibatkan Penundaan Liga?

MrBeast dan ‘Creator League’: Kontroversi Penggunaan Blockchain Akibatkan Penundaan Liga?

Ketika MrBeast, salah satu influencer terbesar di YouTube, mengumumkan Liga Kreator, ekspektasi dan antusiasme tinggi. Namun, kontroversi seputar penggunaan teknologi blockchain telah mengakibatkan penundaan liga, pemecatan staf, dan keraguan dari beberapa kreator terkait. Sebenarnya apa yang terjadi? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Liga Kreator: Ambisi Besar dengan Tantangan Tak Terduga

creator league
Sumber: Akun Twitter Creator League

Dilansir dari Decrypt, MrBeast, meskipun hanya bagian dari pengumuman dan bukan peserta, memperkenalkan Liga Kreator sebagai turnamen esports komunitas dengan delapan influencer top yang memimpin tim.

Namun, ketika terungkap bahwa proyek ini menggunakan teknologi blockchain, beberapa kreator yang terlibat mengungkapkan bahwa mereka tidak mengetahui hal ini.

eFuse, perusahaan di balik liga, menghadapi tantangan besar. Mereka mengkonfirmasi bahwa Liga Kreator akan ditunda dan akan ada restrukturisasi di seluruh organisasi eFuse. Beberapa staf eFuse juga telah dipecat, seperti yang diungkapkan di media sosial.

Matthew Benson, CEO eFuse, menyatakan bahwa Liga Kreator adalah eksperimen dalam esports yang dipimpin kreator dan dikendalikan oleh penggemar. Meskipun ada tantangan, mereka tetap optimis tentang masa depan liga dan berkomitmen untuk terus belajar dan mendorong dunia game ke depan.

Baca Juga: Influencer Bisa Jadi Penyelamat Cryptocurrency? Pemerintah Prancis Setujui Promosi di Media Sosial

Blockchain, NFT, dan Kontroversi yang Mengikutinya

Salah satu titik kontroversi utama adalah penggunaan blockchain NEAR oleh eFuse untuk memvalidasi data dan mencatat informasi terkait Community Passes. Meskipun eFuse menegaskan bahwa Community Passes bukan NFT karena tidak dapat diperdagangkan, banyak yang merasa bahwa ini mirip dengan token yang terikat atau “soulbound”.

Shawn Pavel, wakil presiden teknik di eFuse, menjelaskan bahwa blockchain memberikan transparansi tambahan untuk tingkat inventaris. Namun, eFuse mengakui kesalahan dalam tidak mengungkapkan penggunaan blockchain dalam proses pembelian Liga Kreator dan berjanji untuk memastikan hal seperti itu tidak terjadi lagi di masa depan.

Meskipun ada kontroversi, eFuse masih akan menyelenggarakan turnamen Fortnite gratis seperti yang direncanakan sebagai bagian dari Liga Kreator. Informasi lebih lanjut tentang Liga Kreator yang diatur ulang akan diungkapkan dalam beberapa minggu mendatang.

    Kontroversi seputar Liga Kreator menyoroti tantangan dan potensi kesalahpahaman yang mungkin muncul saat menggabungkan teknologi baru seperti blockchain dengan inisiatif populer. Meskipun ada hambatan, dunia esports dan influencer tetap menantikan evolusi Liga Kreator dan bagaimana eFuse akan menavigasi tantangan ini.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

    *Disclaimer

    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: