Bisa Main Basket di Metaverse? Ini Kolaborasi Liga Basket Indonesia Dengan Jagat.io!

Bisa Main Basket di Metaverse? Ini Kolaborasi Liga Basket Indonesia Dengan Jagat.io!

Baru-baru ini, secara resmi Indonesian Basketball League (IBL) atau Liga Basket Indonesia umumkan ekspansinya ke dunia Metaverse. Proyek ini menggandeng platform Metaverse Jagat.io.

Platform Metaverse Jagat.io, merupakan platform Metaverse pertama di Indonesia yang diluncurkan pada 28 Oktober 2022, yang bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, dan telah diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Lalu, seperti apa kolaborasi IBL dengan Jagat.io? Dan apa tujuan dari kolaborasi ini? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Tujuan Proyek Metaverse IBL Bersama Jagat.io

Tujuan Proyek Metaverse IBL Bersama Jagat.io
Sumber: HDQWalls

Apa tujuan proyek Metaverse ini? Proyek Metaverse IBL dengan Jagat.io ini bertujuan untuk mempromosikan olahraga basket kepada anak-anak muda terutama di era digital, yakni Gen Alpha dan Gen Z.

Dikutip dari Liputan 6, Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah menyampaikan bahwa melalui kolaborasi yang diselenggarakan dengan berbagai pihak, olahraga basket di Indonesia akan semakin dikenal.

Tidak hanya itu, CEO dan Co-Founder Jagat.io, Barry Beager, juga menyampaikan bahwa adopsi Metaverse yang dilakukan oleh IBL bisa menarik perhatian kaum muda untuk lebih mencintai olahraga basket Indonesia.

“User-user di Jagat.io memiliki antusiasme yang tinggi dalam bidang olahraga, seperti bagaimana terlihat pada ajang Piala Dunia 2022, banyak yang berkomunitas secara organik,” ujar Barry Beagen dalam siaran persnya, dikutip dari JPNN, Selasa (10/1/2023).

Baca Juga: Tak Lagi Dipandang Sebelah Mata, 7 Pelukis Banyuwangi Ini Direkrut Artis Ternama untuk Buat NFT!

Kolaborasi Metaverse IBL dan Jagat.io Turut Merayakan IBL 2023

Kolaborasi Metaverse IBL dan Jagat.io Turut Merayakan IBL 2023
Sumber: IBL

Dikutip dari JPNN, pada tahap awal kolaborasi, platform Metaverse Jagat.io akan meluncurkan kreasi lapangan basket di Metaverse. Setelah itu, Jagat.io juga akan merancang jersey basket dengan desain yang unik khas IBL.

Pasalnya, proyek Metaverse yang dilakukan oleh IBL dan Jagat.io ini juga sebagai salah satu langkah untuk turut merayakan IBL 2023 Season 20 yang akan diselenggarakan selama 6 bulan di 8 kota besar di Indonesia, yakni Malang, Surabaya, Bali, Solo, Semarang, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta.

Sementara itu, meskipun platform Metaverse Jagat.io baru saja diluncurkan beberapa bulan yang lalu, platform ini tidak hanya berkolaborasi dengan IBL, namun juga sudah menggandeng beberapa pihak di industri teknologi dan lifestyle yakni Play3, Bumilangit, dan Noice.

Jika berbicara mengenai perkembangan crypto di Indonesia, baru-baru ini BAPPEBTI resmi mengumumkan peluncuran exchange crypto nasional yang akan diselenggarakan tahun 2023 ini. Per artikel ini diterbitkan, exchange crypto nasional Indonesia tersebut masih dalam tahap persiapan dan belum ada tanggal yang pasti mengenai peluncurannya.

Referensi: