Sentuh Rp127 Triliun, Lido Berikan Rincian Peningkatannya Menjelang Upgrade Ethereum Shanghai

author:

Sentuh Rp127 Triliun, Lido Berikan Rincian Peningkatannya Menjelang Upgrade Ethereum Shanghai

Menjelang Upgrade Ethereum Shanghai yang akan dilakukan bulan Maret 2023 ini, Decrypt (7/2/23), melaporkan bahwa Lido Finance merilis detail baru tentang peningkatan proyek selanjutnya yang berfokus pada penarikan Ethereum dan mendesentralisasikan validatornya. Sementara itu, melalui akun Twitter-nya, Lido Finance membagikan pencapaian terbarunya. Penasaran? Simak hingga akhir.

Lido Sentuh 5 Juta ETH yang Setara Rp127 triliun

Sumber: Twitter

Pada 7 Februari 2023, Lido Finance memposting sebuah pembaruan analitik dan menyertakan tonggak pencapaian untuk Ethereum yang di-stakingnya melalui akun Twitternya. Menurut laporan Dune Analytics, Lido telah melewati 5,05 juta ETH yang dipertaruhkan di Beacon Chain, yang mana harga saat ini bernilai sekitar $8,26 miliar atau setara dengan Rp127 triliun ($1 = Rp15.101).

Menurut DeFiLlama, Lido adalah protokol DeFi terbesar, dengan pangsa pasar 14.38%. Selain itu, total nilainya yang terkunci saat ini adalah $8,43 miliar, di mana sebagian besar di antaranya berada di ETH. Protokol ini juga mencatat bahwa insentif bulan Februari sebanyak 1,95 juta token LDO sudah aktif.

Mengutip dari BeinCrypto (7/2/23), platform ini mencatat bahwa setoran *staking-*nya di Ethereum, Solana, Polygon, dan Polkadot semuanya meningkat selama dua minggu terakhir. Selain itu, total TVL Lido juga telah meningkat sebesar 43,6% sejak awal tahun.

Baca juga: Selagi Menunggu Ethereum Shanghai, Pengembang Ethereum Uji ‘Shadow Fork’

Lido Beberkan Rincian Peningkatannya

Lido Beberkan Rincian Peningkatannya
Sumber: Coin Republic

Lido Finance, yang merupakan protokol liquid staking terbesar di pasar crypto, baru-baru ini dikabarkan akan melakukan beberapa pembaruan dalam peningkatan Lido v2 yang akan datang. Menurut laporan Cointelegraph (7/2/23), Lido akan meluncurkan penarikan reward staking dan arsitektur staking yang lebih baik dengan peningkatan ini.

Adapun dua titik fokus utama dari peningkatan yang direncanakan ini adalah pengenalan Lido terhadap Staking Router barunya dan memungkinkan penarikan untuk Ether stakers.

Fokus pertama, yakni Staking Router, memperkenalkan desain arsitektur modular yang memungkinkan pengembangan on-ramp untuk operator node baru, termasuk staker solo, organisasi otonom terdesentralisasi (DAO), dan klaster teknologi validator terdistribusi. Dan yang terakhir adalah protokol yang memungkinkan tugas validator dibagi di beberapa node.

Staking Router ini diharapkan dapat memungkinkan Lido menjadi protokol yang dapat diperluas karena desain modularnya. Selain itu, modul validator juga akan diperlakukan sebagai kumpulan-kumpulan validator yang dapat bertindak sebagai suplai untuk protokol. Modul akan mengelola registri operator internal, menyimpan kunci validator, dan mengalokasikan staking dan reward di antara operatornya.

Fokus kedua, diaktifkannya penarikan hadiah liquid staking ini memungkinkan pemegang Lido Staked ETH (stETH) untuk menarik dana dari Lido dengan rasio 1:1 dalam ETH. Tinjauan umum tentang peningkatan v2 ini mencatat bahwa fitur penarikan juga dapat mengurangi risiko di pasar sekunder, yang sementara ditetapkan untuk aktivasi setelah upgrade Ethereum Shanghai.

Menurut laporan Decrypt, penarikan pada platform akan melalui dua mode: Turbo dan Bunker. Pengguna yang menarik melalui mode Turbo dapat mengharapkan operasi, ditambah hasil yang diperoleh, dieksekusi dengan cepat. Sedangkan mode Bunker, seperti namanya, hanya akan diperlukan “dalam skenario bencana” yang mana memiliki waktu tunggu yang lebih lama untuk penarikan dana. Apa pun mode yang dipilih pengguna, masing-masing akan mengikuti proses permintaan dan klaim.


Referensi: