Lido Menghentikan Operasi di Solana, Apa Alasannya?

author:

Lido Menghentikan Operasi di Solana, Apa Alasannya?

Lido, salah satu protokol liquid staking terkemuka di Solana, telah memutuskan untuk mengakhiri operasinya. Keputusan ini diambil setelah konsultasi mendalam dengan DAO Lido dan pemungutan suara komunitas. Menurut laporan, tantangan finansial menjadi alasan utama di balik keputusan ini, dengan tim P2P menghadapi masalah keberlanjutan.

Alasan di Balik Keputusan Lido

Peningkatan TVL Lido dan Kepercayaan Investor
Sumber: NewsBTC

Lido di Solana dikenal dengan protokol liquid staking-nya. Namun, tim P2P menghadapi kendala finansial yang memaksa mereka untuk menghentikan operasi.

Baca juga: Tanggapi Rumor, Solana Foundation Menawarkan Hadiah $400,000 untuk Mematikan Solana!

Hasil pemungutan suara menunjukkan dukungan besar-besaran untuk penghentian proyek, dengan 92% pemegang token Lido mendukung pengakhiran proyek.

Validator P2P, yang memimpin pengembangan Lido di Solana, memberikan pilihan kepada komunitas: menyuntikkan dana sebesar $1,5 juta untuk operasi berkelanjutan atau sepenuhnya meninggalkan blockchain Solana.

Rencana Penutupan Lido di Solana

prediksi solana bullish
Sumner: Tin Tuc Bitcoin

Meskipun keputusan ini sulit, tim Lido di Solana telah merinci rencana penutupan untuk memastikan dukungan teknis dan hadiah berkelanjutan bagi pemegang token stSOL.

Proses penutupan akan berlangsung bertahap. Mulai sekarang, staking di Solana akan dihentikan. Selain itu, operator node akan mulai menarik diri secara opsional mulai 17 November 2023.

Meskipun ada perubahan, pemegang token stSOL masih akan mendapatkan hadiah selama transisi ini. Namun, ada batas waktu penting: unstaking melalui interface Lido di Solana harus dilakukan sebelum 4 Februari 2024.

Baca juga: Meski Harga ETH Terguncang, Lido Mencatat Terdapat Lebih dari 10.000 Staker Baru

Refleksi dan Masa Depan Lido

Tim Lido merenungkan perjalanan mereka, menyoroti pencapaian dan tantangan yang signifikan. Meskipun fase ini berakhir, keyakinan mereka terhadap masa depan Solana tetap tidak goyah.

Selain keluarnya dari blockchain Solana, Lido juga sebelumnya mengakhiri operasi staking cair di Kusama dan Polkadot, menunjukkan pendekatan yang hati-hati dalam menghadapi volatilitas dunia blockchain.

Dengan keputusan ini, Lido menunjukkan komitmennya untuk memprioritaskan keberlanjutan dan keamanan bagi komunitasnya. Meskipun keputusan ini mungkin mengecewakan bagi beberapa pihak, langkah-langkah seperti ini seringkali diperlukan untuk memastikan masa depan yang lebih cerah dan stabil di dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: