Wih, Lembaga Sekuritas Brasil Izinkan Layanan Reksa Dana Aset Crypto?

author:

Wih, Lembaga Sekuritas Brasil Izinkan Layanan Reksa Dana Aset Crypto?

CVM atau Komisi Sekuritas Brasil telah membuka jalan bagi lembaga investasi untuk terjun ke cryptocurrency. Per 26 Desember 2022, Institusi Brasil telah mengeluarkan regulasi baru yang memungkinkan reksana dana untuk berinvestasi dalam token cryptocurrency dengan perlindungan setara pada aset investasi lain seperti saham dan obligasi. Regulasi baru ini memungkinkan untuk membuka pasar baru bagi perusahaan-perusahaan terkait.

Menjamin Perlindungan Setara Untuk Investasi Cryptocurrency

Setelah Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, meresmikan crypto sebagai alat pembayaran kemarin, Brasil telah melangkah satu langkah lagi untuk mengatur dan mengadopsi cryptocurrency sebagai instrumen investasi.

Dilansir BitcoinNews, Komisi Sekuritas Brasil telah menyetujui seperangkat aturan baru yang mengizinkan reksa dana untuk berinvestasi dalam cryptocurrency, yang diharapkan membuka pasar baru untuk sektor ini. Regulasi yang disahkan setelah Presiden Jair Bolsonaro menyetujui undang-undang cryptocurrency minggu lalu juga mengatur investasi crypto sedemikian rupa, sehingga perusahaan-perusahaan terkait mendapatkan perlindungan setara yang disediakan untuk aset investasi lain seperti saham dan obligasi.

Kerangka kerja yang disetujui secara eksplisit mensyaratkan bahwa operasi dengan mata uang crypto harus dilakukan pada bursa yang disetujui oleh Bank Sentral Brasil atau oleh CVM di Brasil. Jika proses investasi dilakukan di luar negeri atau di luar wilayah Brasil, investasi harus diawasi oleh pengawas lokal yang telah dibentuk. Dengan cara apa pun, lembaga investasi ini “memiliki wewenang hukum untuk mengawasi dan menginspeksi operasi yang dilakukan, termasuk yang berkaitan dengan pembatasan praktik-praktik kasar di pasar, pencucian uang, dan juga pendanaan terorisme serta proliferasi senjata pemusnah massal.”

Meski begitu, tidak semua aset crypto akan diizinkan masuk ke portofolio dana ini, karena di undang-undang crypto yang telah disetujui kemarin terdapat beberapa kategori khusus.

Baca juga: Susul Negara Lainnya, Brasil Telah Sahkan RUU Crypto Sebagai Metode Pembayaran!

Regulasi Crypto Berkembang Karena Popularitasnya di Brasil

Dilansir BitcoinNews, penerbitan kerangka kerja baru ini terbit beberapa hari setelah sanksi undang-undang cryptocurrency menunjukkan bahwa institusi di Brasil sangat ingin mengatur status aset crypto di beberapa area. Komisi Sekuritas Brasil sendiri melakukan pivot setelah menolak kesempatan dana untuk berinvestasi dalam cryptocurrency pada tahun 2018. Namun sekarang, komisi terkait telah mengubah undang-undang tentang investasi crypto dalam beberapa bulan yang lalu, memungkinkan lembaga investasi bisa berinvestasi di cryptocurrency.

Bersamaan dengan regulasi baru ini, Brasil menunjukkan adanya tingkat adopsi crypto yang signifikan, baik oleh warga negara maupun perusahaan.

Menurut angka yang disajikan oleh otoritas pajak Brasil (RFB), hampir 42.000 perusahaan membeli mata uang crypto selama bulam Oktober, yang mana memecahkan rekor pembelian. Rekor pembelian yang sama, tetapi untuk individu juga dipecahkan selama bulan September, ketika hampir 1,5 juta orang membeli crypto.

Karena popularitas crypto di Brasil tinggi, beberapa lembaga tradisional dan digital telah memulai atau akan menawarkan layanan mata uang crypto, sebut saja Nubank, Itau, Santander, bahkan versi digital dari mata uang asli, mata uang fiat Brasil juga sedang dikerjakan saat ini.


Referensi: