Rayakan Hari Perempuan Internasional, Sotheby’s dan UnicornDAO Lakukan Lelang NFT “My Body, My Business”!

Rayakan Hari Perempuan Internasional, Sotheby’s dan UnicornDAO Lakukan Lelang NFT “My Body, My Business”!

Sotheby’s mengumumkan bahwa mereka telah bekerjasama dengan digital art collective UnicornDAO untuk mengkurasi lelang NFT dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional. Seperti apa proyek Sotheby’s dan UnicornDAO tersebut? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Lelang Amal Bertajuk “My Body, My Business”, Dalam Rangka Hari Perempuan Interasional

Lelang Amal Bertajuk “My Body, My Business”, Dalam Rangka Hari Perempuan Interasional
Sumber: Akun Twitter UnicornDAO

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, Sotheby’s menyelenggarakan lelang amal bertajuk “My Body, My Business”. Lelang seni fisik dan digital ini berlangsung pada 7 Maret hingga 14 Maret 2023 di Manhattan, New York.

Menurut Cryptonews, acara ini akan menampilkan beragam koleksi karya seni feminis, termasuk NFT, yang menampilkan seniman wanita. Lelang ini menjanjikan sebuah perayaan kreativitas, pemberdayaan, dan kekuatan perempuan.

Dikuratori oleh aktivis politik Rusia dan salah satu pendiri Pussy Riot, Nadya Tolokonnikova, lelang ini dirancang untuk mengalokasikan sebagian dari hasil penjualan untuk organisasi kesehatan reproduksi yang bernama Planned Parenthood.

“Penjualan ini mencakup berbagai karya dari seniman perempuan tradisional dan digital, yang menggunakan karya seni mereka sebagai media untuk mengadvokasi dan mengeksplorasi berbagai topik yang berkaitan dengan hak-hak perempuan, termasuk hak-hak reproduksi, kekerasan berbasis gender, citra tubuh, representasi, dan masih banyak lagi,” menurut Sotheby’s, dikutip dari Cryptonews, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga: Galang Dana Buat Ukraina, Parlemen Inggris Luncurkan NFT ‘From Ukraine with Love’

Karya NFT yang Digunakan Untuk Penggalangan Dana

Karya NFT yang Digunakan Untuk Penggalangan Dana
Sumber: Sotheby’s

Selain berperan sebagai kurator lelang, Tolokonnikova juga akan menampilkan karyanya sendiri, Fragile Masculinity Genesis, yang merupakan bagian awal dari proyek yang akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan, yang melibatkan pertunjukan, karya audio-visual, dan juga instalasi dari Pussy Riot.

“Perempuan memiliki hak atas tubuhnya sendiri dan saya mendukung keputusan setiap perempuan untuk merencanakan menjadi orangtua,” ujar Marina Abramović dalam sebuah siaran pers, dikutip dari Coindesk, Kamis (9/3/2023).

Selama dua tahun terakhir, Tolokonnikova telah menggunakan NFT untuk aktivisme dan memberdayakan komunitas yang kurang terwakili melalui karya seninya.

Pada bulan Januari 2023, ia berkolaborasi dengan sesama aktivis seni Shepard Fairey untuk merilis koleksi yang disebut Putin’s Ashes, yang bertujuan untuk menggalang dana bagi Ukraina. Lalu, pada Mei 2022, UnicornDAO berhasil mengumpulkan $4,5 juta untuk membantu meningkatkan portofolio proyek NFT yang melakukan kebaikan sosial.

Referensi: