Optimisme Legislasi di 2024, Bagaimana Prospeknya Bagi Crypto?

Optimisme Legislasi di 2024, Bagaimana Prospeknya Bagi Crypto?

Cryptocurrency terus menjadi topik hangat di dunia keuangan, dan Amerika Serikat (AS) sedang dalam proses untuk mengembangkan kerangka peraturan yang jelas untuk aset digital ini. Anggota DPR AS dan Ketua Subkomite Aset Digital di Komite Jasa Keuangan, French Hill, baru-baru ini menyuarakan optimismenya tentang kemajuan legislasi crypto di tahun 2024.

Dukungan Bipartisan untuk Legislasi Crypto

Hill yakin bahwa RUU crypto yang telah disahkan oleh Subkomite pada tahun 2023, yaitu Financial Innovation and Technology for the 21st Century Act dan Clarity for Payment Stablecoins Act, akan segera diputuskan oleh DPR AS.

Ia menekankan pentingnya dukungan bipartisan dan koordinasi dengan pemerintahan dalam merumuskan undang-undang yang efektif.

Baca Juga: Ekonom Prediksi Kejatuhan Ekonomi AS, China Akan Jadi Negara Superpower Baru

“Saya masih optimis bahwa RUU tersebut akan membuahkan hasil selama tahun 2024,” kata Hill. “Saya sangat senang dengan setiap pertemuan yang saya ikuti, baik bipartisan maupun di pemerintahan. Namun, ada masalah waktu, dan Anda tahu, waktu adalah segalanya dalam politik.”

Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC)

cbdc bank sentral
Sumber: Coinscreed

Selain membahas legislasi crypto, panel diskusi juga menyoroti topik mata uang digital bank sentral (CBDC). Hill menekankan pentingnya menjaga posisi khusus dolar AS sebagai mata uang cadangan dunia. Ia berpendapat bahwa stablecoin yang didukung oleh dolar AS dan diatur dengan baik dapat membantu memperkuat posisi dolar.

“Saya pikir stablecoin pembayaran yang mengonversi dolar AS fiat yang diatur dengan baik, memiliki reputasi baik, dan transparansi yang sangat baik akan menjadi pembeli margin dari treasury bill jangka pendek, itu bagus untuk dolar,” jelas Hill.

Namun, Hill juga memperingatkan tentang potensi risiko CBDC yang dapat menggantikan dolar AS sebagai mata uang cadangan dunia. Ia menekankan pentingnya mempertahankan sistem regulasi yang tepat dan pasar modal yang terbuka untuk memastikan stabilitas dolar AS.

Tugas Utama Subkomite

Hill menegaskan bahwa tugas utama Subkomite Aset Digital adalah menyediakan sarana yang tepat untuk inovasi teknologi dalam lingkungan regulasi crypto, bukan memimpinnya. Ia menekankan pentingnya kolaborasi dengan para ahli dan pemangku kepentingan untuk mengembangkan kerangka peraturan yang efektif dan berkelanjutan.

Paragraf Penutup

Dengan optimisme yang disuarakan oleh French Hill, tahun 2024 diperkirakan akan menjadi tahun yang penting bagi legislasi crypto di AS. RUU yang telah disahkan oleh Subkomite Aset Digital diharapkan akan diputuskan oleh DPR AS, dan diskusi tentang CBDC akan terus berlanjut. Bagaimana prospek legislasi crypto di AS dan dampaknya terhadap industri crypto global masih harus kita nantikan.

Baca Juga: HyperFund: Terbongkarnya Penipuan Cryptocurrency Senilai $1,9 Miliar

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi