Ledger Rilis White Paper untuk Alat Pemulihan Seed Wallet Hardware!

author:

Ledger Rilis White Paper untuk Alat Pemulihan Seed Wallet Hardware!

Meski menghadapi kritik yang cukup signifikan terkait alat pemulihan seed Ledger, perusahaan wallet crypto hardware ini berencana meluncurkan Ledger Recover pada kuartal keempat tahun 2023. Ledger Recover adalah solusi yang memungkinkan pengguna untuk mencadangkan dan memulihkan seed perangkat Ledger.

Simak berita selengkapnya di bawah ini, yuk!

Ledger Rilis White Paper

ledger hardware crypto wallet rilis white paper
Twitter

Charles Guillemet, Chief Technology Officer di Ledger, mengumumkan melalui Twitter pada 21 Juni 2023 bahwa perusahaan wallet hardware telah tersebut membuka sumber white paper Ledger Recover.

Guillemet menyatakan bahwa layanan yang akan datang ini diharapkan diluncurkan pada kuartal keempat tahun 2023, dengan dukungan dari perusahaan keamanan aset digital, Coincover.

Guillemet menegaskan bahwa layanan baru ini “100% aman”.

“Anda dapat mempelajari secara tepat bagaimana cara kerjanya secara teknis dan memeriksa layanan tersebut sendiri,” katanya.

White paper Ledger Recover, yang tersedia di GitHub, memberikan gambaran teknis tentang solusi Ledger untuk pencadangan dan pemulihan seed wallet hardware.

Baca juga: Didukung Institusi Keuangan Ternama Wall Street, Exchange Crypto EDX Markets Resmi Beroperasi!

Repositori Ledger Recover memungkinkan tiga alur operasional utama, termasuk mencadangkan seed, memulihkannya di perangkat baru, dan menghapus cadangan secara aman. White paper juga mencakup data tentang desain sistem dan protokol kriptografi Ledger Recover.

Implementasi dan Kritik Terhadap Ledger Recover

Salah satu implementasi mencakup pemisahan seed menjadi bagian-bagian menggunakan teknologi distribusi kunci pribadi yang ada, dikenal sebagai Shamir backup. “Memiliki kurang dari jumlah bagian yang diperlukan tidak memberikan informasi apa pun tentang seed,” catat white paper tersebut.

White paper tersebut menekankan bahwa pengguna dapat menjalankan protokol secara independen dari Ledger, yang seharusnya menunjukkan fleksibilitas dan komitmen terhadap penjagaan diri. Namun, alat pemulihan seed Ledger telah memicu kritik signifikan dari komunitas crypto.

Banyak pemain industri, seperti Mudit Gupta dari Polygon Labs, menunjukkan potensi kerentanan dalam Ledger Recovery.

“Masalahnya di sini adalah bahwa bagian kunci terenkripsi dikirim ke 3 perusahaan dan mereka dapat merekonstruksi kunci Anda,” ucap Guillemet.

Pendiri dan CEO Binance, Changpeng Zhao, juga mempertanyakan manfaat dari alat baru tersebut, dengan berkata, “Jadi, seed bisa meninggalkan perangkat sekarang? Terdengar seperti arah yang berbeda dari ‘kunci Anda tidak pernah meninggalkan perangkat.'”

Pemahaman Mekanisme Keamanan Wallet

Menurut Guillemet, solusi pemulihan seed baru ini “tidak mengubah keamanan” perangkat Ledger. Dia juga mengajak para pengembang, peneliti, dan penggemar crypto untuk melihat white paper dan memahami sepenuhnya mekanisme keamanan wallet.

Dengan Ledger Recover, Ledger berusaha untuk memberikan solusi bagi pengguna yang ingin mencadangkan frase pemulihan rahasia mereka. Meski demikian, ini adalah langkah yang cukup kontroversial dalam komunitas crypto, karena beberapa orang merasa bahwa ini bisa membuka potensi kerentanan keamanan.

Baca juga: Vitalik Buterin Membuka Wawasan Baru Tentang Masa Depan Ethereum!

Namun, Ledger berpendapat bahwa dengan memahami sepenuhnya bagaimana mekanisme keamanan wallet bekerja, pengguna dapat merasa lebih aman dan percaya diri dalam menggunakan produk mereka. Ini adalah langkah penting dalam upaya Ledger untuk terus memperkuat kepercayaan pengguna dalam produk mereka.

Pada akhirnya, peluncuran white paper Ledger Recover menunjukkan komitmen Ledger untuk terus berinovasi dan memperbaiki produk mereka. Meski menghadapi kritik, Ledger tetap berkomitmen untuk memberikan solusi yang aman dan dapat dipercaya bagi pengguna wallet crypto hardware.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: