Ledger Luncurkan Layanan Pemulihan Kunci Crypto Rahasia Berbasis Langganan

Ledger Luncurkan Layanan Pemulihan Kunci Crypto Rahasia Berbasis Langganan

Ledger, salah satu penyedia dompet crypto perangkat keras crypto terbesar, baru saja meluncurkan layanan baru bagi pengguna yang ingin memiliki cadangan dari frase pemulihan rahasia mereka. Layanan ini, yang dikenal sebagai Ledger Recover, memungkinkan pemulihan frase benih yang hilang.

Layanan Pemulihan Ledger

bitski ledger web3

Ledger Recover adalah layanan pemulihan kunci berbasis ID yang menyediakan cadangan untuk Frase Pemulihan Rahasia kamu. Jika kamu kehilangan atau tidak memiliki akses ke Frase Pemulihan Rahasia kamu, layanan ini memungkinkan kamu untuk mengembalikan kunci pribadi kamu menggunakan perangkat Ledger.

Baca Juga: Ledger Rilis White Paper untuk Alat Pemulihan Seed Wallet Hardware!

Namun, layanan ini tidak tanpa risiko. Menurut Seth For Privacy, seorang advokat privasi, menggunakan layanan ini berarti kamu mendaftar untuk penyitaan dana yang sederhana jika Ledger memutuskan untuk bekerja sama dengan salah satu penyedia penyimpanan lainnya, baik dengan sukarela atau karena tekanan pemerintah.

Biaya Langganan dan Ketersediaan

Langganan ke Ledger Recover tidak otomatis. Untuk berlangganan, kamu harus membayar biaya langganan sebesar $9 per bulan, dan menyetujui pembuatan cadangan kamu di Ledger Nano X kamu.

Layanan ini awalnya tersedia untuk pemegang paspor atau kartu identitas di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Uni Eropa. Ledger berencana untuk menambah lebih banyak negara dan dukungan untuk lebih banyak dokumen.

Respon Kompetitor

Sementara itu, kompetitor terbesar Ledger, Trezor, memilih untuk tidak memperkenalkan solusi pemulihan kunci pribadi berbasis cloud, dan lebih memilih solusi cadangan fisik. Trezor meluncurkan alat pemulihan frase benih fisiknya sendiri, Trezor Keep Metal, pada pertengahan Oktober 2023.

Paragraf Penutup

Dengan peluncuran Ledger Recover, Ledger berharap untuk memberikan lapisan tambahan keamanan bagi pengguna yang khawatir tentang kehilangan Frase Pemulihan Rahasia mereka. Namun, layanan ini juga menimbulkan pertanyaan tentang privasi dan keamanan pengguna.

Baca Juga: Ledger Hadirkan Alat Pemulihan Kunci Pribadi Berbasis Cloud, Begini Fungsinya!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi