Ledger Luncurkan Layanan Pemulihan Kunci Privat Berbasis Cloud Meski Dihujat

Ledger Luncurkan Layanan Pemulihan Kunci Privat Berbasis Cloud Meski Dihujat

Ledger, penyedia dompet perangkat keras ternama, baru-baru ini meluncurkan layanan pemulihan kunci privat berbasis cloud, Ledger Recover. Peluncuran ini terjadi meski Ledger mendapat kritik pedas dari komunitas crypto selama beberapa bulan terakhir.

Fitur dan Harga Layanan Ledger Recover

Layanan berlangganan Ledger Recover, yang dibanderol dengan harga $9,99 per bulan, memungkinkan pengguna untuk mencadangkan Secret Recovery Phrase (SRP) mereka melalui sistem pemulihan berbasis identitas.

SRP adalah daftar acak 24 kata yang digunakan untuk mendapatkan kembali akses ke kunci privat seseorang ketika tidak dapat mengakses dompet aset digital.

Baca Juga: Microsoft Siapkan Dukungan Lebih Baik untuk Dompet Crypto di Generasi Hardware Mendatang!

Layanan ini memberikan lapisan perlindungan tambahan jika SRP hilang. Ledger Recover dikembangkan bersama Coincover dan awalnya kompatibel dengan dompet crypto Nano X. Namun, layanan ini tidak akan kompatibel dengan Ledger Nano S. Ledger berencana menambahkan Ledger Nano S Plus dan Ledger Stax dalam waktu dekat.

Respon Komunitas dan Rencana Ledger

ledger x bitski
Sumber: Coindesk

Peluncuran ini terjadi setelah Ledger menunda fitur pemulihan lebih awal tahun ini karena masalah keamanan. Meski mendapat kritik, Ledger tetap meluncurkan layanan ini dengan tujuan untuk membuat keamanan dan penjagaan diri tersedia untuk semua pengguna sambil mengurangi hambatan bagi pemula di ruang ini.

Charles Guillemet, CTO Ledger, menyatakan bahwa Ledger Recover memberikan lapisan ketahanan tambahan bagi pengguna. Namun, layanan ini tetap 100% opsional. Pengguna yang tidak tertarik dengan layanan baru ini dapat terus menggunakan perangkat keras Ledger tanpa hambatan.

Paragraf Penutup

Meski mendapat kritik, Ledger tetap berkomitmen untuk transparansi dan keamanan pengguna. Dengan peluncuran Ledger Recover, Ledger berharap dapat memberikan solusi bagi pengguna yang ingin menambahkan lapisan ketahanan jika SRP mereka hilang.

Baca Juga: Laporan Terbaru Sebut Pertumbuhan Pasar Dompet Crypto akan Mencapai $686 Juta di 2026!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi