Skandal Pencurian Crypto: Ledger Siap Ganti Rugi Korban!

Skandal Pencurian Crypto: Ledger Siap Ganti Rugi Korban!

Ledger, pembuat dompet hardware crypto, mengumumkan rencana untuk mengganti rugi pengguna yang kehilangan dana akibat eksploitasi Ledger Connect Kit. Melalui akun resmi X, Ledger menegaskan bahwa program pengembalian dana ini akan mencakup semua korban, termasuk yang bukan pelanggan Ledger.

Insiden pada 14 Desember 2023 telah menyebabkan kerugian sebesar $600.000, dan kini Ledger berkomitmen untuk menyelesaikan penggantian ini paling lambat Februari 2024.

Eksploitasi dan Dampaknya

Laporan insiden keamanan yang diterbitkan Ledger pada 20 Desember mengungkapkan bahwa eksploitasi Connect Kit telah menyuntikkan kode jahat ke dalam dApps yang berjalan pada EVM. Pengguna tertipu untuk menandatangani transaksi yang memungkinkan penyerang menguras dompet mereka.

Baca Juga: Peringatan Keamanan: Dompet Ledger di Hack, Terancam oleh Kode Jahat?

Meskipun Ledger segera mendeteksi kejadian tersebut, beberapa pengguna telah menjadi korban. Ledger telah mengambil langkah cepat untuk mengatasi masalah ini. Mereka berjanji akan memastikan semua korban mendapatkan penggantian kerugian. CEO Ledger, Pascal Gauthier, telah berjanji sebelumnya bahwa perusahaan akan memastikan semua korban dirugikan akan diberikan kompensasi.

Komitmen Ledger untuk Keamanan Pengguna

Ledger
Bloomberg.com

Ledger menegaskan komitmennya untuk bekerja sama dengan ekosistem dApp guna menerapkan Clear Signing. Clear Signing memungkinkan pengguna untuk memverifikasi setiap transaksi di perangkat mereka, berbeda dengan Blind Signing yang kurang aman. Ledger berencana untuk mengakhiri praktik Blind Signing pada perangkatnya pada Juni 2024.

Perusahaan juga menjamin bahwa perangkat hardware dan aplikasi Ledger Live tidak terpengaruh oleh eksploitasi ini. Mereka berupaya untuk meningkatkan keamanan dan menghindari kejadian serupa di masa depan. Ledger mengajak pengembang dan pemain industri lain untuk mendukung inisiatif Clear Signing.

Langkah Berikutnya untuk Pengguna

Ledger mengimbau pengguna untuk mencabut otorisasi transaksi yang diberikan kepada dApps yang terpengaruh sebagai bagian dari praktik keamanan terbaik. Perusahaan sedang berkoordinasi dengan pengguna yang terdampak untuk membahas detail penggantian kerugian. Pengguna yang terdampak oleh eksploitasi ini sudah mulai dihubungi oleh Ledger.

Perusahaan berkomitmen untuk menyelesaikan proses penggantian kerugian ini dengan cepat dan efisien. Ledger menunjukkan dedikasinya untuk menjaga kepercayaan pengguna dengan tindakan proaktif ini.

Paragraf Penutup

Ledger menunjukkan tanggung jawab besar dengan berjanji mengganti rugi korban eksploitasi Connect Kit. Langkah ini diharapkan dapat memulihkan kepercayaan dalam komunitas crypto dan menegaskan pentingnya keamanan dalam industri yang sedang berkembang ini.

Baca Juga: Ledger Hadirkan Alat Pemulihan Kunci Pribadi Berbasis Cloud, Begini Fungsinya!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi