Ledakan TVL Platform Liquid Restaking Capai Hampir $8 Miliar, Fenomena Baru di Dunia Crypto!

author:

Ledakan TVL Platform Liquid Restaking Capai Hampir $8 Miliar, Fenomena Baru di Dunia Crypto!

Jakarta, Pintu News – Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan industri crypto, nilai total terkunci (TVL) dalam token liquid restaking telah mendekati angka fantastis $8 miliar.

Fenomena ini menandai era baru dalam cara pengguna mengelola aset crypto mereka, dengan platform seperti Etherfi, Renzo, Kelp, dan Puffer memimpin lonjakan dramatis dalam deposito beberapa bulan terakhir.

Pemimpin Pasar dan Pertumbuhan Pesat

Dilansir dari The Block, Etherfi saat ini memegang rekor TVL tertinggi di antara token restaking cair (LRT), dengan lebih dari $3,2 miliar terkunci di platformnya.

Baca juga: Restaking: Cara Baru Hasilkan Cuan dari Staking Ethereum

Sumber: The Block

Diikuti oleh Renzo dengan $2 miliar dan Puffer dengan $1,3 miliar, pertumbuhan ini menunjukkan preferensi pengguna untuk memanfaatkan EigenLayer melalui platform ini, memungkinkan mereka untuk tetap mengakses dana mereka.

Kelp tidak ketinggalan dengan lebih dari $740 juta dalam deposito pengguna, sementara EigenPie dan Swell masing-masing memiliki TVL $328 juta dan $265 juta.

Platform LRT yang lebih kecil seperti Bedrock, Prime, dan ClayStack juga berkontribusi pada angka keseluruhan dengan TVL masing-masing $145 juta, $42 juta, dan $10 juta.

Liquid Restaking dan Keamanan Ekonomi

Liquid restaking memungkinkan pemegang token liquid staking untuk menstake token mereka di EigenLayer, sehingga berkontribusi pada keamanan ekonomi jaringan. Ini berbeda dari liquid staking tradisional yang melibatkan penstakan aset melalui penyedia layanan staking dan menerima token tanda terima sebagai gantinya.

Sumber: The Block

Kontribusi EigenLayer terhadap pertumbuhan TVL dari protokol ini patut diperhatikan. Ini memungkinkan pengguna untuk mendepositkan dan “restake” ether dari berbagai token liquid staking, dengan tujuan mengalokasikan dana ini untuk mengamankan protokol pihak ketiga.

Baca juga: 5 Tren Pasar Crypto Terbaru yang Wajib Kamu Ketahui!

Insentif Ganda dan Peluang Hadiah

Protokol LRT seperti EtherFi, Renzo, dan Kelp terus menerima deposito Ethereum, restaking mereka untuk pengguna, dan mengeluarkan token turunan sambil berjanji untuk mendistribusikan poin apa pun yang diperoleh dari Eigen.

Lebih lanjut, EigenLayer memberi penghargaan kepada pengguna dengan poin untuk deposito ether mereka, yang dapat meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan token dari EigenLayer.

Selain itu, protokol ini memberikan insentif tambahan dengan memberikan dua jenis poin – satu set dari Eigen dan satu lagi dari protokol masing-masing.

Misalnya, ketika pengguna restake LST seperti stETH melalui Kelp, mereka mendapatkan poin dari EigenLayer dan KelpDAO, meningkatkan peluang mereka untuk menerima hadiah dari masing-masing entitas.

Dalam lanskap crypto yang terus berkembang, lonjakan nilai terkunci di platform liquid restaking menandakan pergeseran penting dalam cara pengguna berinteraksi dengan aset digital mereka.

Dengan insentif ganda dan peluang hadiah yang meningkat, pengguna semakin tertarik untuk memanfaatkan platform ini, menjanjikan masa depan yang cerah bagi liquid restaking dalam ekosistem crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: