Ledakan Penggunaan DApp dan NFT: Era Baru Web3 Telah Tiba!

Ledakan Penggunaan DApp dan NFT: Era Baru Web3 Telah Tiba!

Jakarta, Pintu News –  Kuartal pertama tahun 2024 menandai babak baru dalam evolusi teknologi blockchain, dengan penggunaan aplikasi terdesentralisasi (DApp) dan token non-fungible (NFT) mencapai tingkat adopsi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Laporan terbaru dari DappRadar mengungkapkan peningkatan signifikan dalam aktivitas harian unik dompet, menandakan kebangkitan sektor Web3 yang kuat dan berkelanjutan. Mari kita selami lebih dalam tiga aspek utama yang menjadi sorotan dalam perkembangan ini!

Peningkatan Penggunaan DApp

industry uaw
Sumber: Dapp Radar

DApp mengalami peningkatan penggunaan sebesar 77% dari kuartal ke kuartal, dengan total dompet pengguna aktif harian mencapai 7 juta. Ini menunjukkan peningkatan sekitar 40% sejak Februari 2024, mencatatkan tingkat adopsi tertinggi sejak tahun 2022. Peningkatan ini menandakan pemulihan yang kuat dari pasar bear terpanjang yang pernah dialami, menurut DappRadar.

Pertumbuhan ini didorong oleh minat yang diperbarui dalam NFT sepanjang tahun 2023 setelah penurunan penggunaan pada tahun 2022. Jumlah dompet pengguna aktif harian unik meningkat menjadi 4,8 juta pada tahun 2023, lebih dari dua kali lipat jumlah pengguna tahun sebelumnya. Sektor NFT mencatatkan kenaikan tertinggi tahun lalu, dengan peningkatan sebesar 166% dibandingkan tahun 2022.

Baca Juga: 3 Altcoin Terbaik di Bulan April 2024

Dominasi NFT

dominasi nft
Sumber: Dapp Radar

NFT terus menunjukkan kekuatannya sepanjang tahun 2024, dengan kuartal pertama melihat lonjakan 50% dalam volume perdagangan, mencapai $3,9 miliar, dan peningkatan 13% dalam penjualan menjadi $11,6 juta. Ini merupakan kuartal terkuat untuk NFT sejak kuartal pertama tahun 2023, menegaskan posisinya sebagai salah satu segmen terkuat dalam industri Web3.

Selain itu, vertikal sosial telah berada di garis depan pertumbuhan sektor ini, dengan peningkatan 324% dalam dompet aktif. Meskipun keuangan terdesentralisasi, game, dan NFT masih berkinerja baik, lonjakan aktivitas untuk DApp media sosial dapat mengindikasikan tren industri yang baru.

Baca Juga: Pendapatan Ethereum Melonjak Tiga Kali Lipat, Mencapai $369 Juta di Q1 2024!

Tantangan Keamanan

Meskipun hampir setiap indikator menunjukkan momentum positif untuk Web3, ada beberapa kabar buruk. Menurut laporan tersebut, kerugian akibat eksploitasi dan peretasan meningkat 9% dari tahun ke tahun. Ini menurun 32% dari kuartal ke-4 tahun 2024, tetapi kerugian total mencapai $407 juta hanya untuk kuartal pertama tahun 2024.

Kesimpulan: Kuartal pertama tahun 2024 menandai titik balik penting dalam evolusi Web3, dengan DApp dan NFT memimpin jalan menuju adopsi yang lebih luas. Meskipun tantangan keamanan tetap ada, pertumbuhan yang signifikan dalam penggunaan dan volume perdagangan menunjukkan masa depan yang cerah bagi teknologi blockchain dan aset digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: