Ledakan Pengguna Crypto Global: Angka Mencapai 580 Juta di 2023!

author:

Ledakan Pengguna Crypto Global: Angka Mencapai 580 Juta di 2023!

Tahun 2023 menjadi tonggak sejarah dalam dunia crypto, dengan jumlah pengguna crypto global yang melonjak drastis hingga mencapai 580 juta.

Lonjakan ini menandakan peningkatan signifikan sebesar 34% dari tahun sebelumnya, menegaskan posisi crypto sebagai aset digital yang semakin diterima secara luas.

Pertumbuhan Pesat Pengguna Crypto

Perkiraan yang mencerminkan pertumbuhan pemilik mata uang crypto yang stabil hingga tahun 2023 – Sumber: Crypto.com

Tahun 2023 menyaksikan pertumbuhan pengguna crypto dari 432 juta di awal tahun menjadi 580 juta di akhir tahun. Laporan dari Crypto.com menunjukkan bahwa pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan minat pada Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH). Jumlah pemilik BTC tumbuh 33% menjadi 296 juta, sementara pemilik ETH meningkat 39% menjadi 124 juta.

Baca juga: Kerugian BNB Chain Turun 85% Selama Tahun 2023!

Peningkatan ini mencerminkan kepercayaan yang tumbuh pada cryptocurrencies sebagai kelas aset digital yang sah. Penggunaan crypto tidak hanya terbatas pada spekulasi, tetapi juga sebagai alat pembayaran dan investasi. Peningkatan ini juga menunjukkan bahwa crypto semakin diterima di berbagai kalangan masyarakat.

Faktor Pendorong Pertumbuhan

Adopsi Bitcoin meningkat pada Q4 tahun 2023, yang berperan dalam apresiasi harga BTC di atas $40.000 – Sumber: Crypto.com

Beberapa perkembangan penting menjadi katalis pertumbuhan ini. Upgrade Shanghai di jaringan Ethereum memicu peningkatan aktivitas dan nilai ETH. Selain itu, pengenalan token non-fungible (NFT) ke blockchain Bitcoin melalui token BRC-20 dan Bitcoin Ordinals memicu minat baru pada Bitcoin.

Spekulasi seputar persetujuan dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin (ETF) di AS juga mendorong peningkatan tingkat akuisisi. Laporan tersebut menyoroti lonjakan adopsi Bitcoin pada kuartal terakhir tahun 2023, yang berperan dalam apresiasi harga BTC di atas $40.000.

Baca juga: Geger! Grayscale Jual Bitcoin Senilai $2,14 Miliar Pasca Persetujuan ETF Bitcoin

Proyeksi Masa Depan Crypto

Melihat ke depan, jalur pengguna crypto global berada pada tren naik, dengan perkiraan mencapai 950 juta pada akhir tahun 2024. Ekspansi ini menunjukkan evolusi pasar crypto, menarik partisipan yang beragam dan memperkuat posisinya dalam ekosistem keuangan global.

Pertumbuhan ini juga menandakan bahwa crypto tidak hanya menjadi tren sementara, tetapi telah menjadi bagian penting dari lanskap keuangan dan teknologi. Dengan semakin banyaknya orang yang memahami dan mengadopsi crypto, masa depan teknologi blockchain tampak semakin cerah.

Secara keseluruhan, tahun 2023 menjadi tahun yang menakjubkan bagi dunia crypto, dengan jumlah pengguna yang mencapai angka yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa crypto telah melewati fase awal sebagai fenomena niche dan kini menjadi bagian integral dari kehidupan finansial banyak orang.

Dengan tren ini, masa depan crypto tampak semakin menjanjikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: