Open Interest Bitcoin Mencapai ATH di Tengah Antisipasi ETF Spot!

author:

Open Interest Bitcoin Mencapai ATH di Tengah Antisipasi ETF Spot!

Dunia crypto saat ini sedang dihebohkan dengan lonjakan minat yang signifikan terhadap Bitcoin, terutama dalam konteks kontrak berjangka Bitcoin dan anticipasi persetujuan ETF spot oleh SEC di Amerika Serikat.

Kenaikan harga Bitcoin yang mencapai lebih dari $47.000 telah memicu peningkatan minat terbuka (open interest) di berbagai bursa, mencerminkan optimisme pasar yang kuat.

Kenaikan Minat Terbuka Bitcoin

Minat terbuka untuk kontrak berjangka Bitcoin telah mencapai angka yang mengesankan, dengan total mencapai sekitar 435.700 BTC, yang bernilai sekitar $20,443 miliar. Kenaikan ini mencerminkan peningkatan sebesar 11% dalam 24 jam terakhir, menandakan antusiasme investor yang tinggi.

Baca juga: Pemasukan Produk Crypto Tembus $151 Juta di Minggu Pertama 2024, Sinyal Bullish Menguat?

Menurut data dari CoinGlass, kontrak Bitcoin CME memimpin dengan minat terbuka sebesar 132.900 BTC, atau sekitar $6,225 miliar, mengalami lonjakan sebesar 16,76% dalam 24 jam.

Binance, sebagai salah satu bursa terbesar, juga mencatat peningkatan minat terbuka dengan 96.900 BTC, atau sekitar $4,547 miliar. Kenaikan ini menunjukkan peningkatan sebesar 10,67% dalam periode yang sama. Fenomena ini menunjukkan bahwa investor semakin tertarik pada produk derivatif Bitcoin, terutama menjelang keputusan penting dari SEC mengenai ETF spot Bitcoin.

Dampak Terhadap Harga Bitcoin

Kenaikan harga Bitcoin yang mencapai lebih dari $47.000 telah menyebabkan kerugian besar bagi para trader yang bertaruh melawan kenaikan harga Bitcoin, dengan lebih dari $100 juta likuidasi dalam 24 jam terakhir.

OKX mencatat kerugian terbesar bagi trader sebesar $84 juta, diikuti oleh Binance dengan total kerugian $71 juta. Lonjakan harga ini memicu serangkaian likuidasi karena trader yang memegang posisi terleverasi menghadapi panggilan margin akibat peningkatan harga yang cepat dan signifikan.

Kenaikan minat terbuka sebesar 11% dalam 24 jam terakhir menunjukkan bahwa trader tetap aktif berpartisipasi di pasar, membuka posisi baru bahkan setelah peristiwa likuidasi. Hal ini menandakan bahwa pasar Bitcoin masih sangat dinamis dan penuh dengan peluang bagi para investor dan trader.

Baca juga: Jika ETF Disetujui, Harga Bitcoin Berpotensi Capai $200.000 di 2025!

Antisipasi Persetujuan ETF Spot Bitcoin

Pasar crypto saat ini sedang menantikan keputusan SEC mengenai persetujuan ETF spot Bitcoin. Keputusan ini dianggap sebagai momen penting yang bisa membawa perubahan besar bagi ekosistem crypto.

Analis percaya bahwa persetujuan ini dapat menarik miliaran dolar modal baru ke sektor crypto, menarik investor institusional, dan memperkuat status Bitcoin sebagai aset investasi mainstream.

Dengan pasar yang menunggu keputusan SEC, komunitas crypto berada di ambang pengembangan yang mungkin revolusioner. Keputusan ini tidak hanya akan menentukan arah masa depan Bitcoin tetapi juga memiliki implikasi jauh bagi pasar aset digital secara keseluruhan.

Secara keseluruhan, kenaikan minat terbuka dan harga Bitcoin menunjukkan bahwa pasar crypto sedang memasuki fase baru yang penuh dengan optimisme dan potensi. Dengan mata dunia tertuju pada keputusan SEC, kita mungkin menyaksikan awal dari revolusi baru dalam dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: