Ledakan Sektor Memecoin Solana: Investor Serbu dengan $100 Juta dalam 72 Jam!

author:

Ledakan Sektor Memecoin Solana: Investor Serbu dengan $100 Juta dalam 72 Jam!

Dalam fenomena yang mengejutkan pasar crypto, sektor memecoin berbasis Solana mengalami lonjakan dramatis sebesar 45%, dengan para trader menanamkan dana sekitar $100 juta hanya dalam waktu 72 jam.

Gelombang baru ini menandai era kebangkitan bagi memecoin, dengan Solana menjadi tuan rumah yang disukai untuk spekulasi mata uang crypto yang penuh warna ini.

Munculnya Memecoin Populer di Solana

marketcap bome
Sumber: Medium

Di antara memecoin yang muncul dan menarik perhatian adalah Book of Meme (BOME), $NAP (NAP), dan Nostalgia (NOS). Proyek-proyek ini mengadopsi model presale yang kontroversial, menarik rasa ingin tahu sekaligus kritik dari komunitas crypto.

Baca juga: BOME Mencapai Marketcap $1 Miliar, Saatnya Berinvestasi?

Mekanisme presale melibatkan investor yang mengirimkan crypto ke alamat dompet tertentu dan menerima distribusi token setelah koin diluncurkan.

Namun, tidak ada jaminan untuk menerima token sebagai imbalan, menjadikan presale sebagai ladang subur untuk penipuan.

Kegilaan seputar presale memecoin mencapai puncaknya dengan peluncuran Book of Meme pada 14 Maret 2024, yang nilai awalnya sekitar $4 juta namun melonjak 36.000% dalam 56 jam, mencapai kapitalisasi pasar puncak sebesar $1,45 miliar.

Solana sebagai Blockchain Pilihan untuk Memecoin

Solana, yang dikenal dengan biaya transaksi rendahnya, telah muncul sebagai tempat pilihan untuk perdagangan memecoin.

Menurut data dari CoinGecko, sektor memecoin Solana telah melonjak 45,9% dalam sehari dan 32,9% dalam seminggu. Platform ini telah menyaksikan gelombang koin baru yang menampilkan karikatur tokoh publik seperti Joe Biden dan Donald Trump.

Kisah viral seorang trader yang mengubah $260 menjadi hampir setengah juta dolar dengan ‘Jeo Boden’ memicu penciptaan koin seperti ‘Doland Tremp’ dan ‘Olen Mosk’.

Memecoin dogwifhat (WIF) berbasis Solana juga baru-baru ini menjadi memecoin terbesar keempat berdasarkan kapitalisasi pasar.

Baca juga: Heboh! NFT Foto Ikonik Dogwifhat Terjual Senilai $4,3 Juta

Volume dan Biaya On-Chain Solana Mencapai Rekor Baru

Popularitas perdagangan dan spekulasi memecoin di Solana telah mendorong volume on-chain — dalam istilah dolar AS — ke rekor tertinggi baru pada hari Jumat.

Volume di kompetitor Ethereum ini melebihi $3,79 miliar untuk mengakhiri minggu kerja, menurut data dari DefiLlama. Volume 24 jam saat ini berada di $3,61 miliar.

Selain itu, rata-rata pergerakan tujuh hari dari alamat aktif di jaringan Solana terus meningkat, dengan 1,2 juta alamat aktif tercatat kemarin — tertinggi sejak sekitar Juni 2022.

Total biaya di Solana juga mencapai rekor tertinggi baru, dengan total biaya transaksi yang dibayarkan di Solana kemarin mencapai $3,83 juta, atau 20.350 SOL.

Bersama lonjakan dramatis dalam sektor memecoin dan pencapaian rekor baru dalam volume dan biaya on-chain, Solana dengan cepat menjadi pusat baru untuk kegilaan memecoin.

Dengan terus berkembangnya ekosistem ini, Solana menjanjikan lebih banyak kejutan dan kemungkinan bagi para penggemar crypto di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Medium