Ledakan Harga ETH Setelah ETF Ethereum, Apakah Ini Awal Dari Era Baru Investasi Crypto?

author:

Ledakan Harga ETH Setelah ETF Ethereum, Apakah Ini Awal Dari Era Baru Investasi Crypto?

Dunia crypto baru-baru ini dikejutkan dengan lonjakan harga Ethereum (ETH), yang telah melampaui angka $2,000 atau setara dengan Rp31 juta. Kenaikan ini tidak hanya menarik perhatian investor tetapi juga memicu spekulasi tentang peluncuran Exchange-Traded Fund (ETF) Ethereum oleh BlackRock. Meski begitu, di balik kenaikan ini, tersembunyi potensi kerugian besar bagi beberapa investor besar. Simak selengkapnya!

Lonjakan Harga Ethereum: Apa yang Terjadi?

Pada 10 November 2023, Ethereum, salah satu aset crypto terbesar, baru-baru ini mengalami kenaikan harga yang signifikan. Dalam beberapa hari terakhir, harga ETH telah melonjak lebih dari 12%, menembus batas psikologis $2,000. Kenaikan ini dipicu oleh spekulasi bahwa BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, mungkin akan meluncurkan ETF Ethereum.

Grafik harga ETH. Sumber: TradingView

Baca juga: Langkah BlackRock Menuju ETF Ethereum, Awal Baru untuk Crypto?

Spekulasi ini muncul setelah BlackRock mendaftarkan iShares Ethereum Trust di Delaware. Meskipun belum ada konfirmasi resmi, berita ini telah memberikan dorongan besar bagi pasar crypto, khususnya Ethereum. Investor dan pengamat pasar sama-sama menantikan pengumuman resmi, yang bisa membawa dampak signifikan bagi pasar.

Potensi Kerugian Besar bagi Investor Whale

whale ethereum tarik
Sumber: PYMNTS

Di sisi lain, lonjakan harga ini membawa potensi kerugian besar bagi beberapa investor besar, atau yang dikenal sebagai “whale”. Salah satu whale Ethereum dilaporkan telah mendepositkan lebih dari $60 juta ETH ke Binance. Jika whale ini memutuskan untuk menjual asetnya, mereka bisa mengalami kerugian sekitar $180 juta.

Kerugian ini terjadi karena whale tersebut menarik lebih dari $450 juta ETH ketika harganya jauh lebih tinggi, yaitu sekitar $3,672. Dengan harga saat ini, penjualan aset tersebut akan mengakibatkan kerugian besar. Situasi ini menunjukkan betapa volatilnya pasar crypto dan risiko yang terlibat dalam investasi besar.

Baca juga: ETH Melambung Tinggi, Apakah Kamu Siap Untuk Lonjakan Harga Selanjutnya?

Masa Depan Ethereum dan Spekulasi ETF

Meskipun ada potensi kerugian, spekulasi tentang ETF Ethereum oleh BlackRock telah membawa harapan baru bagi pasar crypto. Jika ETF ini benar-benar diluncurkan, ini akan menjadi langkah besar bagi Ethereum dan bisa membawa lebih banyak investor institusional ke pasar crypto.

Selain itu, kenaikan harga Ethereum juga menunjukkan kekuatan dan potensi pertumbuhan aset crypto ini. Dengan adanya spekulasi ETF dan minat yang meningkat dari investor institusional, masa depan Ethereum tampak cerah. Namun, investor harus tetap melakukan riset sebelum meluncur ke pasar.

Pada akhirnya, kenaikan harga Ethereum dan spekulasi ETF oleh BlackRock telah membawa banyak perhatian ke pasar crypto. Meskipun ada potensi keuntungan besar, investor harus tetap waspada terhadap risiko yang ada. Ke depan, kita mungkin akan menyaksikan lebih banyak perkembangan menarik di pasar crypto, khususnya terkait Ethereum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: