Ledakan “Cambrian” dalam Onboarding Crypto: Digerakkan oleh Meme

Ledakan “Cambrian” dalam Onboarding Crypto: Digerakkan oleh Meme

Jakarta, Pintu News – Pencipta Base, Jesse Pollak, percaya bahwa meme akan menjadi kunci untuk menghadirkan jutaan pengguna ke jaringan layer-2 yang bersebelahan dengan Coinbase, yang telah melihat peningkatan tiga kali lipat dalam nilai terkunci (TVL) sejak Maret.

Dalam sebuah hackathon memecoin di New York baru-baru ini, Pollak menekankan bahwa meme adalah bagian penting dari ekonomi on-chain, memproklamirkan antusiasme terhadap penyebaran meme yang berbasis ini untuk membawa lebih banyak orang ke dalam ekonomi digital. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pengaruh Meme dalam Ekonomi Crypto

Meme telah menjadi katalis dalam membawa ribuan orang ke dalam ekonomi baru melalui Base, jaringan yang mendukung pertumbuhan memecoin dan transaksi dengan biaya rendah berkat peningkatan Ethereum Dencun.

Pollak menyatakan bahwa fenomena ini menciptakan “ledakan Cambrian” dalam eksperimen onboarding, di mana berbagai upaya dilakukan untuk memasukkan budaya komunitas ke dalam tangan orang lebih banyak lagi.

base tvl 2024
Sumber: DefiLlama

Dengan TVL Base yang meningkat hampir 250% sejak awal Maret, mencapai puncak baru sebesar $1.61 miliar pada 21 April, momentum ini menunjukkan dampak substansial dari meme dalam pertumbuhan ekonomi digital. Memecoin populer di Base seperti BRETT, yang melihat lonjakan harga hingga 7,780% sejak Maret, menandai keterlibatan yang tinggi dalam pasar ini.

Baca Juga: 7 Memecoin Teratas Berpotensi Meroket 10-50x Lipat di Tahun 2024

Tantangan dan Potensi

jesse pollak
Sumber: Akun X Jesse Pollak

Sementara meme telah membawa inovasi dan keterlibatan, Pollak juga mengakui bahwa banyak tim dan sub-budaya terus berkembang dan menciptakan dalam jaringan ini, membawa budaya dan energi mereka ke dalam ekonomi dan pasar modal.

Namun, penting untuk dicatat bahwa ada juga peningkatan signifikan dalam risiko: sebuah penyelidikan oleh Cointelegraph mengungkapkan bahwa 16,7% memecoin baru di Base adalah penipuan, dan lebih dari 90% di antaranya memiliki kerentanan.

Ini menggambarkan dunia crypto sebagai wilayah yang penuh dengan peluang tetapi juga tantangan, di mana inovasi yang dibawa oleh meme harus diimbangi dengan langkah kehati-hatian untuk melindungi investor dan pengguna dari potensi risiko dan penipuan.

Kesimpulan

Meme telah terbukti sebagai alat yang kuat dalam onboarding massa ke blockchain, mendorong pertumbuhan eksplosif dalam adopsi dan partisipasi. Namun, seperti yang ditunjukkan oleh Pollak, penting bagi komunitas untuk melanjutkan pendekatan kreatif ini dengan mata terbuka terhadap risiko yang terlibat, memastikan bahwa pertumbuhan ini berkelanjutan dan aman bagi semua pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: