Ledakan Aplikasi Web3: Pertumbuhan Menakjubkan 124% di Tahun 2023!

author:

Ledakan Aplikasi Web3: Pertumbuhan Menakjubkan 124% di Tahun 2023!

Tahun 2023 menjadi tonggak sejarah bagi industri aplikasi Web3 dengan pertumbuhan yang luar biasa. Menurut laporan terbaru dari DappRadar, terjadi peningkatan sebesar 124% dalam penggunaan Unique Active Wallets (UAW) untuk aplikasi Web3.

Fenomena ini menandakan pergeseran besar dalam adopsi teknologi blockchain, yang kini semakin merambah berbagai aspek kehidupan digital.

Dominasi Game Blockchain

game blockchain amerika utara
Sumber: Freepik Premium License

Game yang didukung blockchain mendominasi aktivitas dApp dengan penguasaan sebesar 34%, mencatat rata-rata 1,1 juta UAW pada akhir tahun. Sektor NFT dan DeFi juga mengalami pertumbuhan signifikan, dengan peningkatan 166% dalam pembuatan dompet baru untuk NFT dan lonjakan 77% dalam Total Value Locked (TVL) untuk DeFi, mencapai $103 miliar.

Baca juga: Survei: 75% Game Web3 Gagal dalam 5 Tahun Terakhir, Apa Penyebab Utamanya?

Laporan tersebut juga menyoroti dinamika kinerja berbagai rantai blockchain. Near, Klaytn, dan Arbitrum mengalami pertumbuhan tertinggi dalam pembuatan dompet pengguna baru, dengan peningkatan lebih dari 600% dari tahun ke tahun. Meskipun volume perdagangan NFT menurun sebesar 49% menjadi $12,6 miliar, sektor ini mengalami adopsi yang luas di 2023.

Kinerja Kuat Sektor DeFi di 2023

Sektor DeFi menutup tahun 2023 dengan kinerja yang kuat, mengalami lonjakan 77% dalam TVL, mencapai $103 miliar. Ethereum tetap mempertahankan dominasinya, menguasai 57% ruang platform kontrak pintar, sementara jaringan Layer-2 muncul sebagai pilihan yang disukai karena efisiensi dan biaya transaksi yang lebih rendah.

Laporan DappRadar juga mengeksplorasi tren yang membentuk masa depan DeFi dan menyoroti Fork Cancun (Dencun) yang dijadwalkan pada awal 2024. Meskipun menghadapi tantangan keamanan dengan penurunan 96% menjadi $1,9 miliar dalam kerugian keuangan akibat eksploitasi dan peretasan, sektor ini menunjukkan ketahanan yang mengesankan.

Baca juga: Dapp Radar x BGA Games Berhasil Kumpulkan $1,3 Miliar Pada Q3 tahun 2022

Tren Baru dan Ketahanan Industri dApp

Industri dApp menunjukkan ketahanan dalam menghadapi tantangan dengan munculnya tren baru seperti SocialFi dan zk-rollups. Tren ini diharapkan akan membentuk industri di tahun 2024. Rug pulls dan praktik menipu tetap menjadi jenis eksploitasi yang paling umum, dengan 46% insiden terjadi di BNB Chain dan Ethereum sebagai yang kedua terbanyak terpengaruh sebesar 36%.

Laporan tersebut menyimpulkan bahwa industri dApp telah menunjukkan ketahanan yang luar biasa di tengah tantangan. Dengan munculnya teknologi baru dan tren yang inovatif, industri ini diharapkan akan terus berkembang dan beradaptasi, membuka peluang baru bagi pengembangan Web3 di masa depan.

Pada akhirnya, pertumbuhan aplikasi Web3 di tahun 2023 tidak hanya menandakan kemajuan teknologi, tetapi juga perubahan dalam cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Dengan peningkatan signifikan dalam penggunaan dan adopsi, Web3 membuka jalan bagi era baru dalam internet yang lebih terdesentralisasi, aman, dan transparan.

Bagi kamu yang tertarik dengan teknologi blockchain dan crypto, ini adalah waktu yang tepat untuk terlibat dan menjadi bagian dari revolusi digital ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: