Ledakan Adopsi Crypto di Turki: Apa yang Mendorong Gelombang Baru Investasi?

Ledakan Adopsi Crypto di Turki: Apa yang Mendorong Gelombang Baru Investasi?

Dalam suasana inflasi yang tinggi, Turki telah menunjukkan peningkatan signifikan dalam adopsi mata uang crypto.

Dengan lira Turki yang terus melemah terhadap dolar AS, masyarakat semakin melihat crypto sebagai pelindung dari inflasi.

Laporan terbaru menyoroti tren ini dan memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana warga Turki memandang investasi crypto.

Lonjakan Adopsi Crypto di Turki

Dalam kurun waktu setahun setengah terakhir, adopsi crypto di Turki telah meningkat dari 40% menjadi 52%.

Laporan dari KuCoin, salah satu bursa crypto terbesar di dunia, menunjukkan bahwa rata-rata investasi mencapai sekitar $3,746 USD. “31% investor crypto bergabung di kuartal terakhir dan 36% berinvestasi lebih dari 100K Lira,” laporan tersebut menyebutkan.

Baca Juga: Adopsi Crypto di Turki Meningkat Jadi 52%, Bitcoin Mendominasi di Tengah Inflasi Tinggi!

Dengan 71% investor memilih Bitcoin, diikuti oleh Ethereum dengan 45% dan stablecoins dengan 33%, jelas bahwa warga Turki fokus pada aset crypto utama.

Alasan di Balik Peningkatan Minat Crypto Turki

Lonjakan Adopsi Kripto di Turki
Unsplash

Dengan lira Turki yang telah mengalami depresiasi lebih dari 50% terhadap dolar AS, mata uang crypto menjadi pelarian dari inflasi.

Sebagian besar responden, sekitar 58%, berinvestasi dalam crypto untuk meningkatkan kekayaan dalam jangka panjang, sementara 37% melihatnya sebagai penyimpanan nilai.

Selain itu, 57% peserta survei mengetahui crypto dari teman atau keluarga, menunjukkan bahwa rekomendasi dari orang terdekat memiliki dampak besar terhadap keputusan investasi.

Peran Wanita Muda dan Rencana Pemerintah

Meskipun pria masih lebih cenderung berinvestasi dalam kripto, wanita muda di Turki semakin terlibat. Sebanyak 47% investor crypto di antara usia 18 dan 30 adalah wanita.

Pemerintah Turki juga tidak tinggal diam; mereka sedang mengeksplorasi pengembangan mata uang digital bank sentral yang dikenal sebagai Digital Lira, menandakan perubahan sikap negara terhadap keuangan digital.

Paragraf Penutup

Dengan latar belakang ekonomi yang tidak stabil dan nilai mata uang yang terus menurun, warga Turki semakin melihat crypto sebagai solusi jangka panjang.

Dengan adanya tren positif ini, Turki mungkin menjadi contoh bagi negara-negara lain yang menghadapi tantangan ekonomi serupa.

Baca Juga: Gak Pake KTP, Turki Gunakan Identitas Digital Berbasis Blockchain untuk Layanan Publik Online!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: