Sejak April 2024, Terdapat Lebih dari 1 Juta Token Kripto Baru Bermunculan!

author:

Sejak April 2024, Terdapat Lebih dari 1 Juta Token Kripto Baru Bermunculan!

Jakarta, Pintu News – Pasar mata uang kripto telah menyaksikan peluncuran lebih dari 1 juta token baru sejak awal April 2024.

Ethereum dan Solana dilaporkan memimpin peluncuran token baru ini, dengan masing-masing jaringan meluncurkan ratusan ribu token. Simak lebih lanjut, yuk!

Ethereum: Basis Coinbase Mendominasi

Sumber: Dune Analytics

Jaringan Ethereum telah melihat peluncuran 372.642 token baru sejak 1 April. Yang menarik, 88% dari token ini, atau sekitar 327.553 token, diluncurkan di blockchain layer-2 milik Coinbase, Base.

Baca juga: Biaya Ethereum Anjlok ke Level Terendah dalam 7 Bulan Terakhir, Apa yang Terjadi?

Lonjakan aktivitas di jaringan layer-2 ini didorong oleh meningkatnya minat terhadap memecoin. Pengguna tertarik dengan lingkungan biaya rendah untuk membuat jenis token ini.

Direktur Coinbase, Conor Grogan, mengutip angka yang sama dalam posting 14 Mei ke X, mencatat bahwa ini adalah dua kali lipat jumlah token yang dibuat di Ethereum antara 2015 dan 2023.

Total nilai terkunci (TVL) di Base telah melonjak sekitar 630% sejak awal 2024, menurut L2beat, terutama didorong oleh hiruk-pikuk yang lebih luas untuk memecoin.

Solana: Musim Presale Memecoin Meraup $150 Juta

Sementara itu, jaringan Solana telah melihat peluncuran 643.227 token baru dalam periode waktu yang sama. Dari jumlah tersebut, 466.914 token adalah meme coin.

Lonjakan presale meme coin Solana yang merajalela ini telah mengumpulkan $150 juta dalam mata uang SOL hanya dari 33 presale.

Meskipun ada daya tarik keuntungan cepat, analis telah menekankan bahwa banyak dari proyek ini, yang sering dipromosikan oleh akun yang lebih kecil, meragukan atau bahkan merupakan penipuan.

Baca juga: 4 Memecoin yang Berpotensi Meroket 20x di Akhir Mei 2024

Meme Coin: Berkah atau Kutukan?

Dilansir dari Cointelegraph, CoinMarketCap mencantumkan 500 token terbaru yang telah ditambahkan ke platformnya dalam 30 hari terakhir, dengan sebagian besar adalah meme coin.

Sementara itu, platform analitik kripto CoinGecko sekarang memiliki kategori meme coin, yang mencantumkan lebih dari 600 koin dengan total kapitalisasi pasar $ 52,7 miliar – hampir setengah dari Tether kapitalisasi pasar.

Melonjaknya jumlah memecoin telah memicu perdebatan sengit di komunitas kripto. Beberapa berpendapat bahwa memecoin telah merusak nilai-nilai kripto dan merupakan ancaman bagi industri.

Yang lain berpendapat bahwa memecoin adalah bagian alami dari evolusi kripto dan dapat menjadi peluang investasi yang menguntungkan. Terlepas dari kontroversi, memecoin tetap menjadi salah satu narasi kripto paling menguntungkan pada kuartal pertama tahun ini.

Secara keseluruhan, peluncuran lebih dari 1 juta token kripto baru sejak April menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa dalam ekosistem kripto.

Namun, penting bagi investor untuk berhati-hati dan melakukan riset sebelum berinvestasi pada token baru, terutama memecoin, karena banyak di antaranya yang berisiko tinggi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: