Verifikasi Artefak Budaya Melalui Blockchain: Peneliti Luncurkan Salsal! Apa Itu?

Verifikasi Artefak Budaya Melalui Blockchain: Peneliti Luncurkan Salsal! Apa Itu?

Para peneliti telah mengembangkan layanan verifikasi berbasis blockchain untuk menentukan dan mencatat keaslian dan asal-usul artefak budaya.

Layanan ini, yang disebut Salsal, bertujuan untuk menjembatani dunia artefak sejarah dengan sistem validasi on-chain yang tidak bisa dipalsukan atau digandakan.

Dengan Salsal, organisasi warisan budaya dapat memvalidasi koleksi mereka dan mencatatnya dalam sistem yang aman dan tidak dapat diubah.

Bagaimana Salsal Bekerja?

Bagaimana Salsal Bekerja?
Altaweel, et al

Ketika organisasi warisan budaya ingin memvalidasi koleksinya, mereka mengunggah gambar dan deskripsi ke layanan.

Baca Juga: IRS Umumkan Pajak atas Hadiah Staking Crypto, Bagaimana Dampaknya?

Sebuah tim ahli kemudian menggunakan proses yang mirip dengan yang digunakan oleh Asosiasi Museum untuk menilai artefak pada skala 5 poin. Setelah terbukti sah, kolektor dapat mengubahnya menjadi NFT (Non Fungible Token).

Data NFT disimpan di blockchain dan tidak dapat diubah, memungkinkan dokumentasi transfer kepemilikan secara akurat.

Para peneliti berharap untuk melihat adopsi massal layanan mereka. Mereka membayangkan paradigma di mana kurator berusaha untuk memiliki koleksi mereka divalidasi melalui Salsal sebagai suatu bentuk verifikasi.

Baca Juga: Kepemilikan Bitcoin (BTC) di Kanada Menurun, Ada Apa?

Selain itu, database yang berjalan pada blockchain yang tidak dapat diubah dapat membantu mencegah pencurian dan penjarahan dengan meminta penjual dan kurator untuk mendokumentasikan asal-usul.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: