Heboh! Korea Selatan Larang Pembelian Crypto Pakai Kartu Kredit

Heboh! Korea Selatan Larang Pembelian Crypto Pakai Kartu Kredit

Korea Selatan membuat gebrakan baru dengan mengusulkan larangan pembelian crypto menggunakan kartu kredit. Langkah ini diambil untuk mengatasi kekhawatiran terkait aliran dana ilegal dan risiko pencucian uang.

Regulator keuangan negara tersebut, Financial Services Commission (FSC), telah mengumumkan rencana perubahan undang-undang keuangan kredit yang akan mempengaruhi cara warga lokal membeli crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Langkah Pencegahan Aliran Dana Ilegal

FSC Korea Selatan mengungkapkan keprihatinan atas potensi aliran dana ilegal ke bursa crypto asing. Regulator tersebut menyoroti bahwa pembelian crypto dengan kartu kredit dapat memfasilitasi kegiatan pencucian uang dan spekulasi yang tidak terkendali. Oleh karena itu, mereka mengusulkan perubahan hukum untuk mencegah praktik tersebut.

Dalam usulan tersebut, FSC menekankan pentingnya membatasi transaksi crypto agar hanya dapat dilakukan melalui akun penarikan dan deposit yang identitas penggunanya dapat diverifikasi. Saat ini, bursa crypto lokal sudah menerapkan aturan ini, namun aturan serupa belum berlaku untuk bursa asing, yang menjadi celah bagi terjadinya praktik ilegal.

Baca Juga: Korea Selatan Mengecualikan Dompet Crypto dari Pelaporan di Luar Negeri!

Konsultasi Publik dan Implementasi

fsc korea
Sumber: Akun X Fsc Korea

FSC kini membuka konsultasi publik terkait usulan larangan ini hingga tanggal 13 Februari. Proses ini diharapkan dapat memberikan masukan dari berbagai pihak sebelum usulan tersebut direview dan diputuskan. Jika disetujui, perubahan ini diharapkan dapat diterapkan pada paruh pertama tahun 2024.

Proses konsultasi publik ini dianggap penting untuk memastikan bahwa kebijakan yang diambil dapat mencerminkan kepentingan dan kekhawatiran masyarakat. FSC berharap melalui langkah ini, mereka dapat mengimplementasikan regulasi yang efektif untuk melindungi konsumen dan integritas sistem keuangan Korea Selatan.

Baca Juga: Terima Dana Rp149 Miliar, Alchemy Pay Tertarik Adopsi Crypto Korea Selatan

Adopsi Crypto yang Tinggi di Korea Selatan

Korea Selatan dikenal memiliki tingkat adopsi crypto yang tinggi di kalangan penduduknya. Hal ini membuat regulator keuangan negara tersebut harus ekstra waspada terhadap risiko yang mungkin timbul. Kebijakan baru ini diharapkan dapat mengurangi risiko terkait dengan pembelian crypto menggunakan kartu kredit.

Pemerintah Korea Selatan telah mengambil langkah-langkah sebelumnya untuk mengatur pasar crypto, termasuk memperketat persyaratan bagi bursa crypto lokal. Dengan usulan terbaru ini, Korea Selatan menunjukkan keseriusannya dalam mengatur industri crypto dan melindungi konsumennya dari risiko finansial.

Kesimpulan

Usulan larangan pembelian crypto dengan kartu kredit oleh Korea Selatan ini menandakan langkah besar dalam regulasi crypto global. Dengan mengambil pendekatan yang lebih ketat, negara ini berusaha untuk memastikan keamanan finansial warganya dan menjaga stabilitas sistem keuangan. Kini, mata dunia tertuju pada hasil konsultasi publik dan keputusan akhir yang akan diambil oleh FSC.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: