Laporan WEF: 98% Bank Sentral Dunia Berlomba-lomba Luncurkan CBDC!

author:

Laporan WEF: 98% Bank Sentral Dunia Berlomba-lomba Luncurkan CBDC!

Jakarta, Pintu News – Bank-bank sentral di seluruh dunia dikabarkan tengah berlomba-lomba untuk meluncurkan mata uang digital bank sentral (CBDC). Hal ini terungkap dalam sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh World Economic Forum (WEF).

Studi tersebut menemukan bahwa lebih dari 98% bank sentral di dunia sedang melakukan penelitian, program percontohan, atau implementasi CBDC.

Bank Sentral Dunia Berlomba-lomba Luncurkan CBDC

masa depan cbdc
Sumber: Elliptic

Dilansir dari Crypto News, World Economic Forum (WEF) baru-baru ini merilis sebuah laporan yang menyelidiki mata uang digital bank sentral (wCBDC).

Baca juga: Survei Bank for International Settlements: 93% Bank di Dunia Berlomba Mengembangkan CBDC

Dokumen tersebut mengeksplorasi inisiatif yang sedang berlangsung, kasus penggunaan potensial di pasar keuangan, dan potensi wCBDC untuk meringankan tantangan industri yang signifikan dan mengatasi masalah utama.

Lebih lanjut, dokumen tersebut mengungkapkan bahwa lebih dari 98% bank sentral di seluruh dunia sedang melakukan penelitian, program percontohan, atau implementasi CBDC untuk meningkatkan fungsionalitas dan memperluas akses ke central bank money (CeBM).

“CeBM sangat ideal untuk transaksi yang penting secara sistemik meskipun ada instrumen pembayaran alternatif. Mata uang digital bank sentral grosir (wCBDC) adalah bentuk CeBM yang dapat membuka model ekonomi baru dan titik integrasi yang tidak mungkin dilakukan saat ini.”

Membangun Efisiensi dalam Operasi Antar Bank dengan CeBM

Selanjutnya, Laporan tersebut menyatakan bahwa CeBM adalah pilihan yang sangat cocok untuk pembayaran antar bank dan transaksi sekuritas karena beberapa karakteristik utama.

Pertama, CeBM menghilangkan risiko kredit dan likuiditas, sesuai dengan rekomendasi dari Principles for Financial Market Infrastructures (PFMI) untuk transaksi-transaksi penting. Hal ini mengurangi kemungkinan ketidakstabilan keuangan yang berasal dari area-area ini.

Kedua, CeBM memfasilitasi penyelesaian akhir transaksi. Didukung oleh kerangka hukum yang kuat, CeBM menjamin pengalihan aset yang tidak dapat dibatalkan, menumbuhkan kepercayaan dan stabilitas dalam sistem keuangan.

Terakhir, CeBM mendorong stabilitas keuangan dengan bertindak sebagai instrumen yang hampir bebas risiko. CeBM melengkapi proses penciptaan kredit yang sudah ada tanpa menimbulkan risiko tambahan, memastikan ekosistem keuangan yang sehat.

Baca juga: SWIFT Siap Luncurkan CBDC dan Tantang Mata Uang BRICS

Siklus Penyelesaian yang Berbeda Menghambat Efisiensi

Tidak hanya itu, laporan ini mengidentifikasi delapan tantangan yang sudah berlangsung lama di dalam industri ini, dengan empat tantangan yang secara khusus disorot sebagai area di mana wCBDC dapat menawarkan nilai yang signifikan. Area-area ini mewakili peluang untuk modernisasi menggunakan teknologi wCBDC.

Salah satu tantangan utama adalah masalah “siklus penyelesaian yang berbeda” dalam penyelesaian sekuritas lintas batas. Globalisasi pasar modal membutuhkan siklus penyelesaian yang selaras di berbagai wilayah.

Namun, sebagian besar sistem penyelesaian bruto waktu nyata (RTGS) beroperasi dalam jendela yang terbatas.

Sebagai contoh, Bank for International Settlements (BIS) telah mengidentifikasi jendela lima jam yang sempit (dari pukul 6 pagi hingga 11 pagi GMT) dengan tumpang tindih maksimum antar sistem.

Untuk mengatasi keterbatasan ini, laporan ini mengusulkan bahwa wCBDC dapat memfasilitasi jendela penyelesaian global, yang secara efektif memperluas jangkauan sistem RTGS dengan menawarkan operasi yang hampir 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

“Laporan ini menawarkan temuan-temuan kunci untuk memfasilitasi eksplorasi lebih lanjut dari wCBDC dan berharap dapat menjadi langkah dasar menuju masa depan yang lebih efisien, bertanggung jawab, dan aman untuk pasar keuangan,” kata laporan tersebut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: