Cardano Menunjukkan Pertumbuhan Pesat Meskipun Volatilitas Pasar

Cardano Menunjukkan Pertumbuhan Pesat Meskipun Volatilitas Pasar

Cardano, salah satu jaringan smart contract Proof-of-Stake (PoS) terkemuka, telah menunjukkan pertumbuhan dan diversifikasi yang signifikan pada kuartal kedua tahun 2023. Laporan dari Messari menyoroti kinerja dan pertumbuhan kunci jaringan ini selama periode tersebut. Simak berita lengkapnya berikuut ini!

Kinerja Keuangan Cardano

q2 2023 cardano
Sumber: Akun Twitter Messari Crypto

Meskipun aset asli Cardano, ADA, mengalami penurunan sebesar 26,9% dari kuartal ke kuartal, aset ini berhasil mencatatkan kenaikan sebesar 12% sepanjang tahun. Selain itu, saldo Treasury Cardano meningkat sebesar 8,5% menjadi 1,30 miliar ADA selama Q2, menunjukkan ketahanan keuangan jaringan.

Namun, penurunan ini diperparah oleh respons negatif pasar terhadap isu-isu regulasi yang melibatkan Binance US dan Coinbase, yang berdampak pada status regulasi ADA.

Baca Juga: Prediksi Harga Cardano (ADA) 2023, 2025, 2030: Bisa Capai $10 dan Mendominasi Market?

Aktivitas Jaringan dan Pengembangan

Cardano mencatatkan peningkatan sebesar 49% dalam transaksi dapp dari kuartal ke kuartal. Minswap, pembuat pasar otomatis, menjadi dapp paling populer, bahkan melampaui pasar NFT terkemuka dalam volume transaksi.

Selain itu, analisis menunjukkan lonjakan tiga kali lipat dalam aktivitas pengembangan di repositori Github Cardano dibandingkan dengan Ethereum. Ini menunjukkan komitmen kuat dari tim pengembangan Cardano untuk terus meningkatkan dan memperluas ekosistemnya.

Baca Juga: Meledak! Cardano Menambahkan Lebih dari 1.000 Smart Contract Sejak Awal Tahun 2023

Tantangan dan Respon Pasar

proyek cardano network
Sumber: Watcher Guru

Meskipun ada pertumbuhan yang signifikan, Cardano menghadapi beberapa tantangan. Ada penurunan sebesar 4,0% dalam alamat aktif harian, namun transaksi harian rata-rata meningkat sebesar 1,9%.

Selain itu, Binance US dan Coinbase menghadapi pemeriksaan dari Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC), yang berdampak pada status regulasi ADA.

Akibatnya, harga ADA mengalami penurunan tajam sebesar 22,4% dalam satu minggu pada bulan Juni. Namun, meskipun menghadapi tantangan ini, Cardano menunjukkan ketahanannya dengan pertumbuhan transaksi dapp dan keterlibatan pengguna yang meningkat.

Cardano terus menunjukkan komitmennya terhadap inovasi, pertumbuhan, dan keterlibatan komunitas. Meskipun menghadapi tantangan dari regulator dan volatilitas pasar, ekosistem Cardano tetap tangguh dan menunjukkan potensi besar untuk masa depan, dengan berbagai inisiatif dan proyek yang sedang berlangsung.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: