Dapp Radar x BGA Games Berhasil Kumpulkan $1,3 Miliar Pada Q3 tahun 2022

Dapp Radar x BGA Games Berhasil Kumpulkan $1,3 Miliar Pada Q3 tahun 2022

Game web3 terus menjadi kekuatan pendorong bagi industri Dapp sebagai pusat cryptocurrency. Laporan dari DappRadar Q3 menunjukkan bahwa sebesar $1,3 miliar berhasil dikumpulkan dari game blockchain dan proyek Metaverse. Berikut laporan lengkapnya.

Industri Game Blockhain Alami Peningkatan AUW Harian Sebesar 8%

Industri Game Blockhain Alami Peningkatan AUW Harian Sebesar 8%
DappRadar.com

Dalam laporan Q3 2022, DappRadar, perusahaan akuisisi data dan analitik, tercatat dari bulan Agustus 2021 hingga Januari 2022 terjadi peningkatan yang signifikan terhadap game yang aktif di Dapps. Seperti terlihat pada grafik diatas, terjadi peningkatan sebesar 62% dalam waktu 6 bulan.

Tak hanya itu, pada bulan September, industri game blockchain juga meningkat dengan rata-rata Unique Active Wallets (UAW) harian sebesar 8%, yakni menjadi 912 ribu yang mencakup 48% aktivitas blockchain, indikator yang sangat positif untuk kategori ini.

Alien World dan Splinterland Jadi Game Favorit

Alien Worlds dan Splinterlands merupakan dua game Web3 yang paling banyak dimainkan, dengan lebih dari 160.000 UAW harian terdaftar pada bulan September. Gameta, platform game yang pertama kali digunakan di Solana dan sekarang berjalan di BNB Chain, juga menarik lebih dari 1 juta UAW setiap hari pada bulan September.

Demikian pula, Benji Bananas yang berbasis Polygon naik peringkat selama kuartal terakhir menarik lebih dari 29.000 UAW harian pada bulan September.

Dikutip dari laporan DappRadar, meskipun investasi dalam game berbasis blockchain dan proyek Metaverse menurun di Q3 ($1,3 miliar) dibandingkan dengan Q2, modal yang dikumpulkan oleh segmen ini hampir dua kali lipat dari total tahun lalu.

Namun, laporan tersebut juga menunjukkan bahwa jika laporan Q3 melewati tingkat investasi terendah, ini membuktikan bahwa industri tidak pernah berhenti berkembang dan juga pemain baru akan masuk ke pasar.

Platform Infrastruktur Metaverse Dapatkan Pendanaan $30 Juta

Platform Infrastruktur Metaverse Dapatkan Pendanaan $30 Juta
pixabay.com

Salah satu startup teknologi dalam yang berbasis di London, Hadean, telah menerima pendanaan sebesar $30 juta pada bulan September untuk mengembangkan platform infrastruktur Metaverse-nya.

Pendanaan ini bertujuan untuk mengembangkan komponen Metaverse dan menjalin kemitraan multi-tahun dengan perusahaan entertainment seperti Minecraft, Pixelynx, Sony, dan Gamescoin, serta badan pendidikan, dan penyedia layanan ‘Digital Twin’.

Dilansir dari DappRadar, putaran pendanaan baru tersebut diharapkan akan mempercepat kapasitas Hadean untuk mendukung produser di pasar Metaverse yang baru dan sedang berkembang pesat.

Baca Juga: Multiverse Luncurkan Kota Metaverse yang Didukung Pemerintah UEA

Referensi: