Tether Tingkatkan Transparansi: Laporan Atestasi Ungkap Peningkatan Kas!

author:

Tether Tingkatkan Transparansi: Laporan Atestasi Ungkap Peningkatan Kas!

Tether, penerbit stablecoin USDT, baru-baru ini merilis laporan attestasi, dokumen yang dikeluarkan oleh pihak ketiga independen, biasanya sebuah firma akuntansi atau auditor, yang memverifikasi keakuratan informasi keuangan atau klaim tertentu yang dibuat oleh sebuah perusahaan atau entitas, kuartal ketiga tahun 2023 yang menunjukkan peningkatan dramatis dalam kas dan setara kas menjadi 85,7% dari total reservasi.

Laporan ini juga mencatat penurunan pinjaman yang diamankan lebih dari $330 juta, menegaskan komitmen Tether terhadap likuiditas dan stabilitas di tengah volatilitas pasar.

Penguatan Reservasi Tether

laporan atestasi tether
Sumber: Twitter

Laporan attestasi Tether menunjukkan bahwa sebagian besar reservasi terdiri dari T-bill AS dan perjanjian repo, dengan total kas dan setara kas sekitar $74 miliar, yang merupakan 85,73% dari total reservasi Tether sebesar $86,4 miliar.

Baca juga: Kalahkan Bitcoin, USDT Mendominasi Pasar Crypto Brasil!

Tether telah mengurangi ketergantungan pada pinjaman yang diamankan sebagai sarana untuk menghasilkan pendapatan, dengan pinjaman yang diamankan kini hanya menyusun $5,1 miliar dari reservasi USDT, yang berkurang sekitar $336 juta dari laporan sebelumnya.

Pada September 2023 lalu, Tether telah dikritik karena terus melakukan pinjaman yang diamankan setelah sebelumnya menyatakan akan mengurangi pinjaman tersebut.

Dampak pada Stabilitas dan Likuiditas

alameda dan cumberland dominasi pasar usdt
Sumber: Cryptopotato

Tether melaporkan $3,2 miliar dari reservasi berlebih yang mendukung nilai stablecoin-nya termasuk USDT, menurut attestasi kuartal ketiga yang dirilis.

Attestasi, yang disahkan oleh firma akuntansi BDO Italia, mengungkapkan $86,4 miliar aset dalam reservasi pada 30 September melawan $83,2 miliar dalam kewajiban.

Tingkat bunga yang lebih tinggi telah membuat bisnis ini cukup menguntungkan, dengan Tether menyatakan pengembalian kuartalan atas kepemilikannya sekali lagi mendekati $1 miliar.

Baca juga: Terungkap! Tether Akan Publikasikan Data Cadangan Real Time di 2024!

Komitmen Tether Terhadap Transparansi

Selain itu, Tether juga telah mengumumkan promosi Paolo Ardoino sebagai CEO, yang telah berjanji untuk bekerja menuju pengenalan data waktu nyata tentang reservasi dalam beberapa tahun mendatang.

Laporan konsolidasi menunjukkan $1,7 miliar dalam Bitcoin (BTC) dan $3,1 miliar nilai emas, sementara reservasi berlebih pada akhir kuartal ketiga adalah $3,2 miliar dan diperkirakan $4,3 miliar untuk 31 Oktober 2023.

Ini akan meninggalkan sekitar $0,9 miliar dalam pinjaman yang diamankan sebagai bagian dari total reservasi, dengan penerbitan Tether berdiri di $83,2 miliar pada akhir kuartal ketiga, dan hingga $84,5 miliar pada akhir Oktober 2023.

Pada akhirnya, laporan attestasi terbaru Tether menunjukkan langkah positif menuju transparansi dan stabilitas keuangan, dengan peningkatan kas dan setara kas serta pengurangan pinjaman yang diamankan.

Langkah-langkah ini menunjukkan dedikasi Tether terhadap pemeliharaan likuiditas dan stabilitas dalam ekosistem stablecoin, sekaligus memperkuat kepercayaan investor dan pengguna dalam menghadapi ketidakpastian pasar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: