Investor Crypto Selektif Dalam Memilih Aset, Aliran Dana Aset Digital Melonjak $117 Juta!

Investor Crypto Selektif Dalam Memilih Aset, Aliran Dana Aset Digital Melonjak $117 Juta!

Dilansir dari Cointelegraph, pada 30 Januari 2023, perusahaan investasi cryptocurrency Eropa CoinShares menerbitkan “Laporan Aliran Dana Aset Digital”, yang mengungkapkan bahwa investasi aset digital mengalami lonjakan arus masuk pada minggu lalu, yang mana mencapai $117 juta atau setara dengan Rp1,7 triliun (kurs $1 = Rp14.994), dan angka tersebut merupakan angka tertinggi sejak Juli 2022.

Kira-kira seperti apa rincian hasil survei yang dilakukan oleh CoinShares? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Aliran Dana Aset Digital Melonjak $117 Juta Dalam 1 Minggu

Aliran Dana Aset Digital Melonjak $117 Juta Dalam 1 Minggu
Flow Aset Crypto Mingguan. Sumber: CoinShares

Baru-baru ini, CoinShares melaporkan bahwa total aset yang dikelola sektor ini naik menjadi $28 miliar yang setara dengan Rp419 triliun (kurs $1 = Rp14.944), meningkat 43% dari posisi terendahnya pada November 2022.

Peningkatan volume produk investasi terlihat jelas, dengan $1,3 miliar diperdagangkan selama seminggu, meningkat 17% dibandingkan dengan rata-rata tahun ini. Sementara itu, rata-rata volume mingguan di pasar aset digital meningkat 11%.

Dilansir dari Cryptoslate, Jerman menyumbang 40% dari seluruh arus masuk minggu lalu sebesar $46 juta yang setara dengan Rp689 miliar. Kanada, AS, dan Swiss masing-masing mencatat arus masuk sebesar $30 juta, $26 juta, dan $23 juta.

Sebagian besar arus masuk diarahkan ke Bitcoin (BTC), dengan jumlah $116 juta, sementara arus masuk kecil terlihat pada produk short-Bitcoin sebesar $4,4 juta.

Baca Juga: Heboh Crypto Winter, 62% Investor Institusi Malah Nambah Aset Crypto!

James Butterfill: “Investor Lebih Selektif Dalam Investasi Mereka”

James Butterfill: “Investor Lebih Selektif Dalam Investasi Mereka”
Sumber: Finance Monthly

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa produk investasi multi-aset terus mengalami arus keluar selama 9 minggu berturut-turut, dengan total $6,4 juta. Menurut James Butterfill, kepala penelitian di CoinShares, hal ini menunjukkan bahwa investor memilih investasi yang lebih selektif.

Tren ini terlihat jelas pada altcoin, seperti Solana (SOL), Cardano (ADA) dan Polygon (MATIC) yang mengalami arus masuk, sementara Bitcoin Cash (BCH), Stellar (XLM) dan Uniswap (UNI) mengalami arus keluar kecil.

Investor juga menunjukkan ketertarikan pada ekuitas blockchain, dengan arus masuk sebesar $2,4 juta yang setara dengan Rp35,9 miliar.

Secara keseluruhan, pasar aset digital mengalami pertumbuhan yang signifikan minggu lalu, dengan produk investasi mengalami rekor arus masuk dan volume yang meningkat. Tren secara keseluruhan menunjukkan bahwa investor menjadi lebih selektif dalam investasi mereka, dengan sentimen yang terbagi terhadap ekuitas blockchain.

Referensi: