21e6 Capital AG: Holder Bitcoin Ungguli Dana Crypto sebesar 69% di H1 2023!

21e6 Capital AG: Holder Bitcoin Ungguli Dana Crypto sebesar 69% di H1 2023!

Pendekatan buy and hold, atau hodl, terhadap Bitcoin telah mengungguli sebagian besar dana crypto sebesar 68,8% di paruh pertama 2023. Menurut data dari penasihat investasi berbasis Swiss, 21e6 Capital AG, rata-rata, dana crypto menghasilkan imbal hasil sebesar 15,2% di paruh pertama 2023, namun Bitcoin melihat kenaikan sekitar 84%. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Prestasi Bitcoin vs Dana Crypto

bitcoin vs dana crypto
Sumber: Alex Kruger

Menurut laporan 21e6 Capital AG, dana crypto seringkali mampu mengungguli Bitcoin secara signifikan dalam bull run sebelumnya. Namun, penampilan dana crypto yang kurang memuaskan di 2023 sebagian besar disebabkan oleh kondisi pasar yang menantang dan jumlah kas yang besar yang mereka miliki pada akhir 2022.

Setelah runtuhnya FTX dan proyek crypto lainnya pada 2022, laporan tersebut menunjukkan bahwa banyak dana crypto memilih untuk mengurangi risiko dan mengembangkan buffer kas, sehingga melewatkan reli harga Bitcoin yang signifikan di paruh pertama 2023.

Baca Juga: Survei Goldman Sachs: 26% Family Office Berinvestasi di Crypto!

Bitcoin vs Altcoin dan Dana Berjangka

Laporan tersebut menambahkan, “Dana dengan posisi kas besar akan berkinerja di bawah Bitcoin dalam pasar bullish, kecuali aset dana tersebut berkinerja jauh lebih baik daripada Bitcoin.” Karena sentimen umum yang ditinggalkan oleh akhir 2022, banyak dana memiliki posisi kas yang lebih besar dari biasanya.

Selain itu, sebagian besar altcoin utama juga berkinerja di bawah Bitcoin. Meski demikian, harga saat ini menandai kenaikan harga sebesar 75% untuk aset tersebut sejak 1 Januari, menurut data CoinGecko.

Baca Juga: Survei: 97% Perusahaan Percaya Pembayaran Crypto Akan Berperan Penting di Tahun 2025

Sentimen Investor dan Masa Depan Dana Crypto

dana crypto h1 2023
Perbandingan strategi dana terarah H1 2023. Sumber: 21e6 Capital AG

Laporan tersebut menyoroti bahwa sentimen investor telah sedikit membaik selama paruh pertama 2023, menunjukkan bahwa beberapa dana mungkin segera mulai menambah lebih banyak kas ke sektor crypto. Namun, laporan tersebut mencatat bahwa data saat ini yang berkaitan dengan aliran masuk dan keluar menunjukkan bahwa “pemulihan penuh sentimen” belum terjadi.

“Ke depan, kami akan memperhatikan dengan seksama bursa mana yang akan menetapkan diri mereka sebagai penyedia futures terkemuka. Selain itu, tingkat suku bunga pendanaan di pasar futures crypto dan kemampuan dana kuantitatif untuk menangkap tren akan menjadi area fokus ketika kami mengamati pasar,” tambah laporan tersebut.

Meski semua strategi dana crypto mencapai hasil positif tahun ini, mereka berkinerja di bawah Bitcoin, terutama mereka yang memiliki eksposur signifikan terhadap altcoin, futures, atau mereka yang sangat bergantung pada sinyal momentum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: