Pemerintah Argentina Wajibkan Pendaftaran Perusahaan Kripto!

Pemerintah Argentina Wajibkan Pendaftaran Perusahaan Kripto!

Jakarta, Pintu News – Argentina baru-baru ini menggemparkan pasar crypto global dengan pengumuman yang tak terduga. Pemerintah negara ini telah memulai langkah besar dalam regulasi crypto, yang mengejutkan banyak pihak, terutama mengingat presiden baru mereka, Javier Milei, yang dikenal memiliki pandangan pro-Bitcoin. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kebijakan Baru yang Mengejutkan

Pemerintah Argentina telah mengimplementasikan persyaratan bagi bursa crypto untuk beroperasi secara legal di negara tersebut. Diumumkan pada 25 Maret, semua penyedia layanan aset virtual diharuskan untuk mendaftar pada pemerintah Argentina, sesuai dengan rekomendasi dari Financial Action Task Force (FATF). Langkah ini merupakan bagian dari reformasi hukum Anti-Pencucian Uang (AML) dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (CFT) di negara tersebut.

Perubahan hukum ini, yang disetujui oleh senat Argentina pada 14 Maret, mengejutkan banyak pihak karena dilaksanakan di bawah kepemimpinan Presiden Javier Milei, yang banyak diharapkan akan mendukung kebebasan pasar crypto.

Baca Juga: 3 Penyebab Utama Penurunan Harga Bitcoin di Bulan April 2024!

Reaksi Komunitas Crypto

reaksi komunitas crypto argentina
Sumber: Akun X Nina Lira

Banyak pemimpin crypto terkejut dengan pivot kuat Argentina menuju regulasi, terutama karena Milei dikenal sebagai pendukung libertarianisme pemerintahan kecil. CEO Bull Bitcoin, Francis Pouliot, menyatakan kebingungannya melalui Twitter, mengatakan bahwa langkah Milei sangat bertentangan dengan apa yang diharapkan dari seorang libertarian yang pro-Bitcoin.

Industri crypto awalnya melihat Milei sebagai sekutu, mengingat kedua belah pihak mengakui perbankan sentral sebagai musuh bersama. Meskipun Milei tidak secara eksplisit mengadvokasi kebijakan pro-Bitcoin, ia telah menyebut kemunculan Bitcoin sebagai “kembalinya uang ke pencipta aslinya: sektor swasta.”

Baca Juga: 5 Peristiwa Penting Crypto di April 2024

Implikasi untuk Masa Depan Crypto di Argentina

Pembuatan registri untuk platform pertukaran Bitcoin dianggap sebagai ide yang buruk oleh banyak pihak, termasuk Manuel Ferrari, salah satu pendiri protokol Money On Chain. Menurutnya, Bitcoin adalah uang, bukan sekuritas, dan menyamakannya dengan mata uang lain atau emas adalah tidak masuk akal.

Langkah ini muncul setelah Argentina menghapus hukum mata uang resmi pada Desember, memungkinkan kontrak dan pembayaran diselesaikan dalam mata uang pilihan apa pun, termasuk Bitcoin. Namun, dengan inflasi tahunan peso Argentina mencapai 276% pada Februari, banyak warga Argentina beralih ke Bitcoin sebagai penyelamat nilai.

Langkah Argentina dalam mengatur pasar crypto mengejutkan banyak orang, terutama dengan latar belakang presiden baru yang dianggap pro-Bitcoin. Kebijakan baru ini menimbulkan pertanyaan tentang masa depan crypto di Argentina dan bagaimana hal ini akan mempengaruhi pandangan global terhadap regulasi crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: