Terungkap! Langkah Strategis AS dalam Perlombaan Standar AI Global

Terungkap! Langkah Strategis AS dalam Perlombaan Standar AI Global

Dalam gelombang inovasi yang tak terbendung, Amerika Serikat mengambil langkah besar dalam pengembangan standar kecerdasan buatan (AI). Presiden Joe Biden memimpin upaya ini, menandai era baru dalam regulasi AI generatif. Inisiatif ini datang sebagai tanggapan terhadap dorongan Uni Eropa yang telah lebih dulu memulai regulasi serupa, menempatkan AS dalam persaingan ketat untuk kepemimpinan global dalam teknologi AI. Simak berita lengkapnya berikut ini!

AS Mengatur Langkah

Pemerintahan Biden telah menunjukkan komitmennya terhadap pengaturan AI yang aman melalui perintah eksekutif yang dikeluarkan pada bulan Oktober. Sekretaris Perdagangan Gina Raimondo menegaskan bahwa inisiatif ini bertujuan untuk menetapkan standar keamanan, keandalan, dan kepercayaan AI di AS.

Dengan langkah ini, AS berambisi menjadi pemimpin global dalam pengembangan dan pemanfaatan AI yang bertanggung jawab. Departemen Perdagangan AS melalui National Institute of Standards and Technology (NIST) telah meminta masukan dari publik dan industri terkait regulasi AI hingga 2 Februari 2024. NIST berencana untuk melakukan pengujian ekstensif pada sistem AI, memastikan keamanan industri AI di AS.

Baca Juga: Accenture Buka Studio AI Generatif di Bengaluru, Ini Potensi Masa Depannya!

Menyusul Jejak Uni Eropa

california dan ai
Sumber: CSIS

Meskipun AS baru-baru ini memperjelas pentingnya regulasi AI, Uni Eropa tampaknya telah selangkah lebih maju. Uni Eropa telah mencapai kesepakatan sementara untuk regulasi AI lebih awal bulan ini, memimpin dalam perlombaan regulasi ini. Di belakang mereka, India juga meningkatkan fokusnya pada AI dengan KTT GPAI, menunjukkan bahwa persaingan dalam standar AI semakin ketat.

Keterlibatan AS dalam perlombaan AI ini menandai babak baru dalam persaingan teknologi global. Dengan langkah-langkah yang diambil oleh pemerintahan Biden, AS berusaha untuk tidak tertinggal dari Uni Eropa dalam menetapkan standar dan regulasi AI yang akan membentuk masa depan industri ini.

Baca Juga: Pembatasan oleh Google pada AI dalam Konteks Pemilu: Implikasi bagi Demokrasi!

Langkah-langkah yang diambil oleh pemerintahan AS ini menunjukkan keseriusan dalam menghadapi tantangan yang dibawa oleh AI. Dengan mengembangkan standar yang tepat, AS berharap untuk memastikan bahwa AI dapat berkembang dengan cara yang aman dan terpercaya. Inisiatif ini tidak hanya penting untuk keamanan nasional, tetapi juga untuk mempertahankan posisi AS sebagai pemimpin dalam inovasi teknologi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: