Langkah Besar AS dalam AI: Institusi Baru untuk Keselamatan Kecerdasan Buatan!

Langkah Besar AS dalam AI: Institusi Baru untuk Keselamatan Kecerdasan Buatan!

Dalam langkah yang menandai kemajuan penting dalam pengembangan kecerdasan buatan (AI), Amerika Serikat, melalui National Institute of Standards and Technology (NIST), telah mengumumkan pembentukan sebuah konsorsium untuk Institusi Keselamatan AI.

Inisiatif ini merupakan tanggapan langsung terhadap perintah eksekutif Presiden Joe Biden dan bertujuan untuk memastikan pengembangan dan penggunaan AI yang aman, terjamin, dan dapat dipercaya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pembentukan Konsorsium Keselamatan AI

NIST mengundang partisipasi dari organisasi nirlaba, universitas, lembaga pemerintah, dan perusahaan teknologi untuk bergabung dalam konsorsium baru ini.

Konsorsium ini akan berkontribusi pada pengembangan alat pengukuran dan benchmarking, rekomendasi kebijakan, upaya red-teaming, psikoanalisis, dan analisis lingkungan.

Upaya ini direspon terhadap perintah eksekutif yang baru-baru ini dikeluarkan oleh Presiden AS, yang menetapkan enam standar baru untuk keselamatan dan keamanan AI.

Baca Juga: Lebih dari Setengah Musisi Rahasiakan Penggunaan AI, Apa Alasannya?

Peningkatan Standar dan Pengujian AI

pengujian ai nist
Sumber: Akun X NIST

Institusi Keselamatan AI di bawah NIST akan memimpin upaya pemerintah AS dalam meninjau model AI lanjutan dan mengembangkan standar untuk keamanan, keamanan, dan pengujian model AI.

Institusi ini juga akan menyediakan lingkungan pengujian untuk peneliti guna mengevaluasi risiko AI yang muncul dan mengatasi dampak yang diketahui.

Presiden Biden telah menandatangani perintah eksekutif AI yang mengharuskan pengembang sistem AI yang menimbulkan risiko bagi keamanan nasional AS, ekonomi, kesehatan publik, atau keselamatan untuk berbagi hasil tes keselamatan dengan pemerintah AS.

Baca Juga: Baidu Luncurkan Ernie Bot Versi Berbayar, Saingan ChatGPT dengan Harga Terjangkau!

Kolaborasi Internasional dan Peningkatan Kepercayaan

Institusi Keselamatan AI akan bekerja sama dengan badan pemerintah AS lainnya dalam mengevaluasi kemampuan, keterbatasan, risiko, dan dampak AI serta koordinasi dalam membangun testbed.

Institusi ini juga akan berkolaborasi dengan organisasi di negara-negara sekutu dan mitra untuk berbagi praktik terbaik, menyelaraskan evaluasi kemampuan, dan red-team guidance dan benchmark.

NIST mencari kolaborator dari berbagai sektor masyarakat untuk bergabung dalam konsorsium, yang akan berfungsi sebagai ruang pertemuan untuk dialog yang terinformasi dan berbagi informasi dan wawasan.

Pembentukan Institusi Keselamatan AI oleh NIST merupakan langkah signifikan dalam upaya AS untuk memastikan bahwa inovasi dalam AI dapat dinikmati oleh semua orang dengan cara yang aman dan adil. Dengan kerja sama yang erat antara pemerintah, industri, dan komunitas yang terdampak, diharapkan AI dapat dikembangkan dengan cara yang memperhatikan keselamatan dan privasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: