Skandal Miliaran Dolar di Dunia Crypto: Alameda dan FTX Terlibat Transaksi Tether USDT!

Skandal Miliaran Dolar di Dunia Crypto: Alameda dan FTX Terlibat Transaksi Tether USDT!

Direktur Coinbase, Conor Grogan, baru-baru ini membuka tabir operasi meragukan yang melibatkan FTX dan perusahaan saudaranya, Alameda Research.

Keduanya diduga terlibat dalam penciptaan dan transaksi Tether’s USDT stablecoin senilai $39.55 miliar, yang mencakup sekitar 47% dari total pasokan yang beredar saat ini.

Alameda dan FTX: Transaksi Meragukan yang Mengguncang Dunia Crypto

Data on-chain menunjukkan bahwa Alameda bertanggung jawab atas penciptaan $39.55 miliar USDT, jumlah yang mencakup 47% dari total pasokan Tether yang beredar saat ini. Sebuah laporan sebelumnya oleh Protoss memperkirakan angka ini sekitar $36.7 miliar.

Namun, Conor berhasil memperbarui angka ini dengan menemukan dompet tambahan. Ada bukti dan informasi tentang transaksi meragukan antara Alameda dan FTX, di mana mereka menggunakan deposit pelanggan untuk menutupi kerugian mereka dan terlibat dalam perdagangan.

Baca Juga: Serangan Siber Hantam FTX! Apa yang Harus Kamu Ketahui & Bagaimana Tanggapan FTX?

Hal ini menjadi perhatian karena reputasi Alameda yang meragukan, dan menimbulkan kekhawatiran lebih lanjut karena Tether belum pernah menjalani audit independen.

Lebih Banyak USDT Dibandingkan Aset: Fakta atau Fiksi?

tether siapkan 1 miliar usdt

Berdasarkan data yang dibagikan oleh SBF, Alameda menghasilkan lebih banyak USDT daripada total aset di bawah manajemennya selama puncak pasar crypto.

Conor menunjukkan bahwa menilai penebusan cukup sulit, terutama karena koordinasi pembakaran Tether yang dilakukan off-chain. Tether tidak menggunakan alamat deposit; sebaliknya, toko-toko mengirim dana langsung ke kas negara.

Dengan asumsi bahwa semua penebusan USDT dari FTX berasal dari Alameda (dan bukan pembuat pasar lainnya), mereka menebus sekitar 3,9 miliar USDT. Penebusan ini sebagian besar terjadi dalam periode dua hari pada Mei selama kerusuhan pasar Luna.

Perkembangan Kasus Tether dan SBF

Perkembangan ini muncul saat pendiri FTX yang tercela, Sam Bankman-Fried, sedang menjalani persidangan penipuan dengan mantan pacarnya,

Caroline Ellison, yang akan bersaksi minggu ini. Kesaksian Ellison bisa mengungkap lebih banyak informasi tentang operasi internal FTX dan Alameda.

Paragraf Penutup

Saat ini, jumlah total Tether USDT stablecoin yang ada di bursa telah mencapai titik tertinggi dalam beberapa bulan terakhir. Ini menunjukkan peningkatan daya beli di antara para pedagang crypto.

Baca Juga: Harga Token FTX Turun 72,52% Dalam 24 Jam, Cek Berita Lengkapnya!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi