Terungkap! Lambannya Penegakan Regulasi Crypto di Inggris!

Terungkap! Lambannya Penegakan Regulasi Crypto di Inggris!

Kekhawatiran terhadap penegakan regulasi industri crypto di Inggris semakin mengemuka. Badan Audit Nasional (NAO) Inggris menyoroti kinerja Otoritas Perilaku Keuangan (FCA) yang terkesan lambat. Hal ini berpotensi menghambat upaya pemberantasan aktivitas ilegal dan penipuan yang berkaitan dengan crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kekurangan Tenaga Ahli Crypto

regulasi crypto inggris yang lamban
Sumber: Akun X National Audit Office

FCA menghadapi tantangan besar dalam mengatur industri crypto yang dinamis. Kekurangan tenaga ahli di bidang crypto menjadi salah satu penyebab utama lambatnya proses registrasi perusahaan crypto yang ingin mendapatkan persetujuan regulasi.

Sejak aturan baru diberlakukan pada Januari 2020, hanya 41 dari 300 aplikasi perusahaan crypto yang disetujui oleh FCA. Persaingan ketat dalam merekrut dan mempertahankan tenaga ahli crypto membuat FCA kesulitan.

Hal ini diperparah dengan tingginya tingkat pergantian staf, termasuk di level senior. Meskipun tingkat pergantian staf secara keseluruhan telah menurun, risiko dalam pengiriman layanan tetap tinggi, terutama di area spesialis.

Baca Juga: Inggris Bertekad Pimpin Revolusi Metaverse dengan Web3! Apa Rencana Kedepannya?

Penundaan Penegakan Hukum

Laporan NAO menunjukkan adanya penundaan signifikan dalam penegakan hukum oleh FCA. Misalnya, FCA baru mulai mengambil tindakan penegakan hukum terhadap operator ATM crypto ilegal pada Februari 2023, padahal pengawasan telah dimulai sejak Januari 2020. Ini menunjukkan adanya kesenjangan waktu yang cukup lama antara identifikasi masalah dan tindakan regulasi.

Selain itu, FCA telah menangani lebih dari 1.400 kasus yang berkaitan dengan aktivitas crypto ilegal dari Januari 2020 hingga Juni 2023. FCA juga menerima lebih dari 13.350 laporan penipuan crypto antara tahun 2020 dan paruh pertama tahun 2022. Fakta ini menegaskan perlunya peningkatan kecepatan dan efektivitas dalam penegakan hukum di sektor crypto.

Baca Juga: Diam-diam Punya Ambisi Terhadap Crypto, Pemerintah Inggris Berencana Rilis NFT!

Upaya Peningkatan Regulasi

fca inggris crypto
Sumber: Cryptoslate

FCA telah mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki situasi. Mereka merilis materi panduan untuk membantu perusahaan crypto memahami aturan promosi crypto baru yang baru-baru ini diberlakukan. Aturan ini secara spesifik mengatur cara perusahaan crypto mempromosikan produk mereka kepada konsumen.

FCA menyoroti isu-isu seperti klaim perusahaan crypto tentang kemudahan penggunaan crypto tanpa menekankan risiko yang terlibat. Selain itu, peringatan risiko seringkali tidak cukup terlihat karena ukuran font yang kecil. Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan melindungi konsumen dari risiko yang tidak mereka pahami sepenuhnya.

Penegakan regulasi yang efektif menjadi kunci untuk menjaga integritas pasar crypto di Inggris. FCA, dengan dukungan dari NAO, diharapkan dapat mengatasi kekurangan tenaga ahli dan mempercepat proses penegakan hukum. Ini penting untuk melindungi konsumen dan memastikan keadilan dalam industri crypto yang terus berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: