Lakukan Hard Fork Hari Ini, Gimana Nasib Harga Polygon (MATIC) di Masa Depan?

author:

Lakukan Hard Fork Hari Ini, Gimana Nasib Harga Polygon (MATIC) di Masa Depan?

Dilansir Crypto news (17/1/23), hari ini rantai PoS (Proof-of-Stake) Polygon tengah mempersiapkan peningkatan yang signifikan, melalui hard fork yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan prediktabilitas. Perubahan yang diusulkan ini mencakup pengurangan lonjakan gas dan penyelesaian masalah reorganisasi rantai yang telah diidentifikasi oleh komunitas dan tim Polygon sebagai prioritas untuk pengembangan jaringan. Bagaimana detail hard fork Polygon tersebut dan dampaknya terhadap harga Polygon Matic? Simak selengkapnya berikut ini.

Harga Polygon Naik 16,14% Dalam Waktu 1 Minggu

Sumber: Pintu Market

Tercatat di market Pintu, harga Polygon mengalami peningkatan sebanyak 16,14% dalam rentang waktu 1 minggu. Harga Polygon sempat menyentuh harga tertingginya pada 14 Januari 2023 di harga Rp15.883, dan menyentuh titik terendahnya pada 10 Januari 2023 di harga Rp13.063.

Detail Mengenai Hard Fork Polygon

Diberitakan langsung oleh developer Polygon melalui blog resmi dan juga akun Twitter-nya pada 13 Januari 2023, Polygon secara resmi mengkonfirmasi adanya peningkatan hard fork setelah berminggu-minggu berdiskusi di laman forum Polygon Improvement Proposal (PIP) pada akhir Desember 2022.

Sumber: Twitter

Menurut laporan yang dibagikan di Twitter Polygon, peningkatan hard fork ini merupakan berita baik untuk developer dan juga pengguna yang nantinya menampilkan UX yang jauh lebih baik.

Dilansir oleh Crypto News (17/1/23), perubahan yang diusulkan oleh hard fork bertujuan untuk mengurangi tingkat keparahan lonjakan gas dan mengatasi inefisiensi reorganisasi rantai dalam upaya mengurangi waktu hingga finalitas (jumlah waktu yang diperlukan agar transaksi dianggap final dan tidak dapat diubah di blockchain).

Peningkatan pertama yang diusulkan bertujuan untuk mengurangi lonjakan gas dengan mengubah BaseFeeChangeDenominator dari 8 menjadi 16. Ini akan membantu memperlancar tingkat kenaikan/penurunan dalam biaya dasar (biaya minimum untuk penyertaan blok) ketika gas melebihi atau jatuh di bawah batas gas target dalam satu blok. Jadi, dengan meningkatkan denominator dari 8 menjadi 16, kurva pertumbuhan dapat diratakan, menghasilkan pengalaman yang lebih mulus saat berinteraksi dengan chain.

Selanjutnya, peningkatan kedua yang diusulkan membahas mengenai reorganisasi rantai (reorgs) dengan mengurangi panjang sprint dari 64 menjadi 16 blok. Dilaporkan oleh Cointelegraph (15/1/23), Polygon menjelaskan bahwa dengan mengurangi panjang sprint, finalitas transaksi akan meningkat, memungkinkan produsen blok tunggal untuk menambahkan blok secara terus menerus pada frekuensi 32 detik dibandingkan dengan waktu 128 detik saat ini.

Untuk memastikan tidak ada kekhawatiran, tim Polygon menambahkan, “Perubahan ini tidak akan memengaruhi total waktu atau jumlah blok yang dihasilkan validator, jadi tidak akan ada perubahan dalam hadiah secara keseluruhan.”

Baca juga: Prediksi Harga Polygon (MATIC) 2023, 2025, 2030: Harga Polygon Bisa Meroket Hingga 6.776%!

Bagaimana Dampak Hard Fork Terhadap Harga MATIC?

Menurut laporan Crypto News, hard fork ini merupakan tonggak utama dalam pengembangan Polygon dan MATIC, yang berpotensi meningkatkan kinerja jaringan secara signifikan dan meningkatkan popularitasnya di kalangan pengguna dan pengembang. Ke depannya, peningkatan ini bisa menyebabkan lonjakan harga MATIC karena permintaan token meningkat.

Jika hard fork ini menarik minat banyak investor, pergerakan harga yang besar untuk MATIC dalam beberapa hari mendatang bisa terlihat. Terlepas dari itu, dari perspektif fundamental jangka panjang, jelas bahwa hard fork ini akan membawa banyak nilai bagi MATIC dan jaringan Polygon, serta membuka jalan bagi lebih banyak perkembangan di masa depan.

Analisa Teknis dan Prediksi Harga Polygon (MATIC)

Sumber: Sennet

Per 17 Januari 2023, Crypto News melaporkan bawah secara teknis, harga MATIC saat ini cendorong naik ke angka $1 karena bulls berusaha untuk menembus tanda psychological resistance. Sementara itu, Relative Strength Index (RSI) berada di 57,32, menunjukkan bahwa MATIC berada di wilayah “netral”, tidak overbought maupun oversold.

Moving Average Convergence Divergence (MACD) menunjukkan potensi bullish, sedangkan Ichimoku Base Line menunjukkan 0,9013. Volume Weighted Moving Average (20) berada di 0,8750, dan Hull Moving Average (9) adalah 1,0161. Semua ini menunjukkan bahwa MATIC berada pada tren naik secara keseluruhan dan berpotensi mendapat keuntungan dari hard fork.


*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: