Heboh! KyberSwap Sukses Pulihkan $5,7 Juta dari Serangan Hacker

author:

Heboh! KyberSwap Sukses Pulihkan $5,7 Juta dari Serangan Hacker

Dalam dunia yang semakin digital, serangan hacker kerap muncul. Baru-baru ini, KyberSwap, protokol pertukaran desentralisasi, berhasil memulihkan dana sebesar $5,7 juta dari serangan hacker yang merugikan sebesar $47 juta.

Serangan Hacker yang Menggemparkan

Pada pekan lalu, KyberSwap mengalami insiden peretasan yang mengakibatkan kerugian sebesar $47 juta dari kolam likuiditas Kyber. Hacker mengeksploitasi kerentanan pada batas interval tick di kolam likuiditas Kyber, memanipulasinya untuk menggandakan likuiditas sebelum menguras kolam tersebut.

Serangan ini berdampak pada dana di berbagai blockchain, termasuk Arbitrum, Optimism, Ethereum, Polygon, dan Binance Smart Chain. KyberSwap segera merespons dengan memberhentikan deposit dan menawarkan hadiah 10% kepada operator bot perdagangan otomatis, atau front-run bots, yang digunakan dalam eksploitasi ini untuk pengembalian dana.

Negosiasi dan Pemulihan Dana

pencurian kyberswap

Sebagian pemulihan dana berhasil diselesaikan melalui negosiasi dengan operator front-running bots, yang berhasil mengekstrak sekitar $5,7 juta dalam crypto dari kolam KyberSwap di jaringan Polygon dan Avalanche selama serangan tersebut. Operator bot setuju untuk mengembalikan 90% dari dana yang mereka ambil ke alamat KyberSwap yang ditentukan di jaringan Polygon, dengan insentif 10% sebagai hadiah mereka.

Spesialis keamanan onchain, PeckShield, mencatat transaksi sekitar 361.876 USDC di blockchain Avalanche yang mereka atributkan kepada salah satu hacker yang mengembalikan sebagian dari dana yang dicuri.

Baca juga: Serangan Misterius Rugikan dYdX $9 Juta: Apa yang Terjadi?

Langkah-langkah Pencegahan Masa Depan

Pasca serangan, KyberSwap mengambil langkah-langkah proaktif untuk melindungi aset pengguna. Melalui pemeriksaan internal, audit oleh perusahaan keamanan terkemuka, dan tinjauan keamanan yang dipimpin komunitas, mereka bertujuan tidak hanya untuk memulihkan dana yang dicuri tetapi juga untuk memperkuat platform terhadap serangan potensial di masa depan.

KyberSwap juga menyatakan bahwa mereka akan terus bekerja sama dengan penegak hukum dan ahli keamanan cyber untuk memulihkan dana pengguna dan melacak pelaku serangan tersebut.

Meski menghadapi tantangan besar, KyberSwap tetap teguh dalam upaya memaksimalkan pemulihan dana dan memperkuat keamanan platform. Dengan tekad yang kuat, tim KyberSwap siap untuk bangkit lebih kuat, membuktikan bahwa dalam lanskap digital yang luas, ketahanan dan inovasi dapat mengalahkan kesulitan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: