Kusama ($KSM): Jaringan Eksperimental untuk Inovasi Blockchain

Kusama ($KSM): Jaringan Eksperimental untuk Inovasi Blockchain

Kusama, jaringan blockchain eksperimental yang menjadi bagian dari ekosistem Polkadot, menawarkan lingkungan pengujian yang fleksibel bagi para pengembang untuk menguji proyek mereka sebelum diluncurkan di Polkadot. Dengan fungsionalitas yang mirip dengan “sandbox”, Kusama memungkinkan pengembang untuk bereksperimen dan berinovasi tanpa khawatir akan risiko yang lebih besar. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kusama: Jaringan Uji Coba untuk Pengembang

kusama crypto adalah
Sumber: The Daily Hodl

Kusama berfungsi sebagai jaringan uji coba untuk proyek-proyek yang ingin diluncurkan di Polkadot. Pengembang dapat menggunakan Kusama untuk menguji berbagai aspek proyek mereka, termasuk fungsionalitas tata kelola, pengaturan validator, interaksi dengan parachain, dan menjadi bagian dari ekosistem yang bergerak cepat. 

Kusama juga menawarkan kesempatan untuk bergabung dengan Kappa Sigma Mu, sebuah perkumpulan rahasia siber yang eksklusif bagi anggota jaringan Kusama.

Baca Juga: Moonriver (MOVR): Jembatan yang Menghubungkan Ethereum dan Kusama!

Token KSM: Pendorong Ekosistem Kusama

Token KSM merupakan mata uang asli ekosistem Kusama yang memiliki dua fungsi utama: Proof-of-Stake dan tata kelola. Meskipun tidak diperlukan banyak KSM untuk menggunakan sistem, kepemilikan KSM dapat membantu pengembang menutupi sebagian biaya yang terkait dengan pengujian proyek di Kusama.

Nilai token KSM berpotensi meningkat seiring dengan pertumbuhan pengguna ekosistem Polkadot. Kusama juga memudahkan proses menjadi validator blok karena membutuhkan lebih sedikit token dibandingkan dengan Polkadot. Kamu dapat membeli KSM di bursa crypto seperti Binance, Coinbase, dan Kraken.

Baca Juga: Myria: Game Blockchain Terbaru yang Siap Mengguncang Dunia!

Staking KSM: Mendapatkan Imbalan dari Partisipasimu

Kusama beroperasi pada mekanisme konsensus Nominated Proof-of-Stake (NPoS), variasi dari Proof-of-Stake. Dalam NPoS, terdapat dua jenis pemangku kepentingan: validator dan nominator. Validator bertanggung jawab untuk menjalankan node validator mereka sendiri dan memvalidasi data dari relay chain dan blok parachain.

Kesimpulan

Kusama merupakan jaringan blockchain eksperimental yang menawarkan lingkungan pengujian yang fleksibel bagi para pengembang untuk menguji proyek mereka sebelum diluncurkan di Polkadot.

Dengan token KSM sebagai pendorong ekosistem, Kusama memungkinkan pengembang untuk berinovasi dan bereksperimen tanpa khawatir akan risiko yang lebih besar.

Jika kamu tertarik untuk terlibat dalam pengembangan blockchain dan ingin menjadi bagian dari komunitas Kusama yang dinamis, jaringan ini menawarkan peluang yang menarik untuk berkontribusi pada masa depan teknologi blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi