Investasi Modal Ventura dalam Startup Crypto Capai $2,4 Miliar di Q1 2024

Investasi Modal Ventura dalam Startup Crypto Capai $2,4 Miliar di Q1 2024

Jakarta, Pintu News – Industri startup crypto terus menarik minat investor modal ventura, dengan investasi mencapai rekor tertinggi sebesar $2,4 miliar pada kuartal pertama tahun 2024. Lonjakan besar ini menandai pertumbuhan yang signifikan dalam minat investor terhadap proyek-proyek inovatif dalam ruang aset digital. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Lonjakan Investasi dalam Startup Crypto

lonjakan investasi startup crypto
Modal yang Diinvestasikan dan Jumlah Transaksi pada Q1 2024. Sumber: Galaxy Research

Beberapa faktor memengaruhi dinamika investasi kuartal ini, termasuk pengenalan Bitcoin exchange-traded funds (ETF), inovasi di berbagai bidang seperti restaking, modularitas, dan solusi Bitcoin layer-2, serta faktor ekonomi makro seperti suku bunga.

Korelasi historis antara harga Bitcoin dan investasi modal ventura dalam kripto telah melemah selama setahun terakhir. Laporan tersebut mencatat bahwa sementara Bitcoin telah menunjukkan kenaikan harga yang cukup besar, aktivitas modal ventura tetap stagnan hingga lonjakan baru-baru ini di awal tahun 2024.

Namun, tingkat investasi masih belum sebanding dengan yang dicapai ketika Bitcoin sebelumnya melampaui $60.000. Selain itu, 80% dari modal yang diinvestasikan pada kuartal tersebut dialokasikan untuk startup tahap awal. Aktivitas investasi dalam industri ini didominasi oleh sektor infrastruktur, yang menyumbang 24% dari total modal yang terkumpul pada kuartal tersebut.

Baca Juga: Perkembangan Regulasi Crypto di Tahun 2024: Prediksi dan Perspektif

Lokasi Startup Kripto

Secara geografis, Amerika Serikat tetap menjadi kekuatan dominan dalam ruang ventura kripto, dengan startup Amerika terlibat dalam 37,3% dari semua transaksi dan menguasai 42,9% dari modal yang diinvestasikan. Singapura menyusul dengan 10,8% dari total jumlah transaksi, sementara Inggris memiliki 10,2%, Swiss memiliki 3,5%, dan Hong Kong memiliki 3,2%.

Kesimpulan

Lonjakan investasi modal ventura di kuartal pertama tahun 2024 menunjukkan tanda-tanda pemulihan dalam industri kripto dan blockchain. Namun, pemulihan yang berkelanjutan harus dikonfirmasi oleh pertumbuhan kuartal berikutnya. Faktor-faktor seperti inovasi teknologi, kondisi ekonomi makro, dan regulasi akan terus memengaruhi dinamika investasi di industri ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi