KSI Dituduh Lakukan Penipuan Pump and Dump Kripto, Apa yang Terjadi?

KSI Dituduh Lakukan Penipuan Pump and Dump Kripto, Apa yang Terjadi?

YouTuber dan rapper terkenal, KSI, yang memiliki nama asli Olajide Olayinka Williams Olatunji, tengah menjadi sorotan setelah dituduh melakukan penipuan pump and dump kripto oleh seorang investigator penipuan kripto, Zach XBT. Zach XBT, yang dikenal karena mengungkap berbagai penipuan besar dalam dunia kripto, menuduh KSI telah melakukan skema pump and dump yang melibatkan setidaknya tiga mata uang kripto yang berbeda. SImak berita lengkapnya berikut ini!

Tuduhan Penipuan Pump and Dump KSI

tuduhan penipuan pump dump ksi
Sumber: Akun X KSI

Zach XBT mengklaim bahwa KSI memanfaatkan pengaruhnya yang besar di media sosial, seperti YouTube dan X, untuk mempromosikan token-token tertentu secara sengaja. Promosi ini diduga memicu lonjakan harga yang signifikan di pasar kripto. Inti dari tuduhan tersebut terletak pada penyajian data on-chain oleh Zach XBT, yang mengungkapkan adanya aksi jual besar-besaran dari dompet KSI, menghasilkan keuntungan lebih dari $1 juta.

Praktik yang dimaksud, yang dikenal sebagai skema “pump and dump”, melibatkan tindakan menaikkan harga token secara artifisial melalui upaya promosi, hanya untuk kemudian menjual kepemilikan dengan cepat pada saat harga mencapai puncak, sehingga meraup keuntungan besar. Kisah KSI melibatkan XCAD Network (XCAD), Ethernity Chain (ERN), dan sebuah proyek NFT terpisah yang disebut P***Y.

Baca Juga: YouTuber Kitboga dan Kraken Bersatu Melawan Operasi Penipuan Crypto di Call Center!

Bukti-bukti yang Diungkap

kasus youtuber ksi
Sumber: Akun X Oliver Bell

Salah satu contoh yang menggambarkan tuduhan ini adalah ketika KSI mencuit pada Maret 2022 kepada pengikutnya yang banyak, menyatakan bahwa kepemilikan XCAD-nya “terlihat menarik lagi” dan menyertakan tagar “HodlGang”. Namun, penelitian Zach XBT dilaporkan mengungkap bahwa dompet KSI menjual XCAD senilai $850.000 dalam beberapa hari setelah cuitan optimis tersebut.

Penyelidikan Zach XBT tidak berhenti pada satu contoh saja. Ia menemukan pola di mana KSI secara terbuka mendukung proyek-proyek di akun media sosialnya, seperti Ethernity Chain (ERN) yang berfokus pada NFT, hanya untuk kemudian diduga melakukan aksi jual besar-besaran tidak lama setelahnya. Pola yang tampak ini menimbulkan kecurigaan di kalangan penggemar kripto.

Baca Juga: Ini Rahasia Sukses YouTuber Crypto dan Prediksi Harga Bitcoin Pasca-ETF!

Pembelaan dan Tanggapan KSI

KSI membela diri, mengklaim tidak bersalah dan mengaitkan aksi jual tersebut dengan kurangnya pengalamannya di dunia kripto. Ia mengakui melakukan transaksi yang dimaksud, tetapi dengan tegas membantah adanya niat jahat atau mencari keuntungan.

Sebaliknya, KSI menggambarkan dirinya sebagai pendatang baru di dunia mata uang kripto yang rumit, menavigasi kompleksitasnya dengan antusiasme dan kurangnya pengalaman. Ia mengungkapkan kerugian total sebesar $2 juta dalam keseluruhan investasi kriptonya, menyoroti tantangan yang dihadapinya dalam menavigasi pasar kripto yang bergejolak.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi