Kronos Research: Peretas Mulai Mencuci Uang di Tornado Cash

Kronos Research: Peretas Mulai Mencuci Uang di Tornado Cash

Jakarta, Pintu News – Setelah 6 bulan berlalu, pelaku eksploitasi Kronos Research senilai $25 juta mulai memindahkan dana hasil curian mereka. Perusahaan keamanan blockchain PeckShield melaporkan pergerakan tersebut pada tanggal 7 Mei, mencatat bahwa para peretas mengarahkan dana tersebut ke platform pencampuran mata uang crypto Tornado Cash.

Kronos Research: Peretas Memindahkan Dana ke Tornado Cash

Peretas di balik eksploitasi $25 juta terhadap perusahaan perdagangan kuantitatif Kronos Research pada pertengahan November 2023 mulai memindahkan dana hampir enam bulan setelah eksploitasi tersebut. Dompet crypto peretas pertama-tama mentransfer 1.314 Ether (ETH) senilai $4 juta ke alamat baru, dimulai dengan 0x8F5e4 dan kemudian mentransfer semua ETH ke alamat lain yang dimulai dengan 0x164A24b.

Baca Juga: 5 Social Money Token Crypto Teratas di Tahun 2024!

Peretas melakukan 10 transaksi sebesar 100 ETH dari dompet terakhir dan mentransfernya ke Tornado Cash, sebuah alat pencampuran mata uang crypto. Tornado Cash adalah pencampur mata uang crypto sumber terbuka yang beroperasi pada jaringan yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine.

Layanan pencampuran ini mengaburkan jalur transaksi mata uang crypto dan membuatnya sangat sulit untuk melacak sumber dana. Meskipun dibuat sebagai alat privasi, peretas sering menggunakan layanan pencampuran untuk mencuci dana curian melalui platform pertukaran terdesentralisasi.

Tornado Cash: Alat Pencucian Uang Favorit Peretas

Sumber: CNN

Penggunaan Tornado Cash yang signifikan untuk mentransfer dana ilegal mendorong pemerintah Amerika Serikat untuk menjatuhkan sanksi atas penggunaannya pada bulan Agustus 2022. Selanjutnya, para pendirinya didakwa dengan pencucian uang dan pelanggaran sanksi pada tahun 2023.

Sementara pendapat dalam komunitas mata uang crypto bervariasi mengenai penerapan alat privasi, ada konsensus terhadap penganiayaan negara terhadap pengembang karena membuat aplikasi. Perusahaan analitik mata uang crypto PeckShield mengeluarkan peringatan mengenai transfer dana pada X.

Mereka memperingatkan bahwa transfer ke Tornado Cash menunjukkan bahwa peretas sedang mencoba untuk mencuci dana curian tersebut. Selama bertahun-tahun, para pelaku eksploitasi telah memilih layanan pencampuran mata uang crypto daripada pertukaran terpusat, karena begitu mereka teridentifikasi, pertukaran tersebut akan memblokir alamat.

Kronos Research: Kronologi Eksploitasi

Kronos Capital dieksploitasi pada bulan November 2023 setelah para pelaku eksploitasi berhasil mendapatkan akses ke kunci antarmuka pemrograman aplikasi perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut awalnya menyangkal adanya kehilangan dana selama pengumuman awalnya.

Kemudian, penyelidik on-chain ZachXBT mengungkapkan bahwa sekitar 12.800 ETH senilai $25 juta dicuri dan ditransfer ke enam alamat dompet mata uang crypto yang unik. Kronos Capital menghentikan layanan perdagangannya untuk menyelidiki kerugian tersebut.

Kronos Research: Menutup

Eksploitasi Kronos Research menjadi contoh terbaru dari meningkatnya ancaman peretasan di ruang mata uang crypto. Peretas semakin canggih dalam metode mereka, dan mereka sering menggunakan layanan pencampuran mata uang crypto seperti Tornado Cash untuk menyembunyikan jejak mereka.

Perusahaan mata uang crypto perlu mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri mereka dari eksploitasi, termasuk menggunakan keamanan siber yang kuat dan memantau aktivitas dompet mereka secara cermat.

Baca Juga: Solana: Menuju Posisi Ketiga Crypto Terbesar, Didukung Meme Coin dan DEX

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi