Kritik Pedas Komisioner SEC Terhadap Penundaan Persetujuan ETF Bitcoin Spot, Apa Katanya?

Kritik Pedas Komisioner SEC Terhadap Penundaan Persetujuan ETF Bitcoin Spot, Apa Katanya?

Komisioner SEC, Hester Peirce, mengecam keras lembaganya sendiri atas penundaan yang lama dalam menyetujui ETF Bitcoin Spot, menggambarkan situasi ini sebagai “dekade peluang yang terbuang.” Kritik ini muncul setelah SEC akhirnya menyetujui 11 ETF Bitcoin Spot, lebih dari satu dekade setelah aplikasi pertama diajukan.

Kritik Terhadap Penundaan SEC

Hester Peirce, yang dikenal sebagai “Crypto Mom” di kalangan komunitas crypto, menyuarakan kekecewaannya terhadap SEC karena tidak menyetujui ETF Bitcoin Spot lebih awal. Menurutnya, keputusan ini tidak menghapus banyak kerugian yang disebabkan oleh perlakuan berbeda terhadap produk ini.

Baca Juga: Ambruknya Saham ETF Bitcoin: Akhir dari Kejayaan?

Peirce menekankan bahwa keputusan masa lalu SEC telah mengurangi kepercayaan publik, membingungkan pemahaman tentang peran SEC, membuang-buang sumber daya staf, dan mengasingkan generasi inovator produk.

Perlakuan Tidak Adil dan Dampaknya

sec ghana
Sumber: Investopedia

Peirce juga menyoroti bahwa Komisi tidak memperlakukan ETF Bitcoin Spot secara adil dibandingkan dengan produk serupa yang telah disetujui selama bertahun-tahun. “Kami telah menyia-nyiakan dekade peluang untuk melakukan pekerjaan kami,” ujarnya.

Sementara SEC telah mengizinkan ETF berbasis futures di AS, mereka terus menolak ETF Spot, dengan alasan kekhawatiran tentang volatilitas dan manipulasi pasar. Peirce berpendapat bahwa SEC seharusnya mempertimbangkan operasi sukses ETF Spot di yurisdiksi lain dan lebih terbuka untuk menyetujuinya di AS.

Perubahan Sikap dan Harapan Masa Depan

Dengan persetujuan akhirnya diberikan, banyak ETF Bitcoin Spot dijadwalkan untuk mulai diperdagangkan. Keputusan ini diharapkan akan membuka jalan bagi lebih banyak inovasi dan produk keuangan berbasis crypto di masa depan.

Peirce mengakui ketekunan para pemohon yang terus mengajukan aplikasi ETF Bitcoin Spot meskipun menghadapi penolakan berkelanjutan dari agensi. Langkah ini diharapkan akan membawa perubahan positif dalam cara SEC mendekati produk crypto di masa depan.

Paragraf Penutup

Kritik dari Komisioner SEC, Hester Peirce, terhadap penundaan persetujuan ETF Bitcoin Spot menyoroti kebutuhan akan pendekatan yang lebih progresif dan adil dalam regulasi crypto. Persetujuan ini, meskipun terlambat, membuka harapan baru bagi masa depan industri crypto.

Baca Juga: Heboh! ETF Bitcoin Spot Tarik Investasi Miliaran Dolar dalam Sekejap

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: