Miliarder Barry Sternlicht Ramalkan Penutupan Bank Mingguan Akibat Krisis Sektor Properti

Miliarder Barry Sternlicht Ramalkan Penutupan Bank Mingguan Akibat Krisis Sektor Properti

Jakarta, Pintu News – Miliarder Barry Sternlicht, CEO dari Starwood Capital Group, baru-baru ini memberikan prediksi yang cukup mengkhawatirkan tentang masa depan bank-bank regional di Amerika Serikat. Sternlicht mengatakan bahwa bank-bank regional dan komunitas, yang merupakan pemberi pinjaman utama untuk sektor properti, akan segera menanggung beban akibat suku bunga tinggi dan inflasi.

Pemicu Krisis Sektor Perbankan

Sternlicht menjelaskan bahwa sektor properti, khususnya komersial, sedang mengalami kesulitan karena meningkatnya tren kerja jarak jauh dan hibrida. Hal ini menyebabkan semakin banyak ruang kantor yang kosong dan menurunkan nilai aset properti. Akibatnya, bank-bank yang memiliki banyak pinjaman di sektor properti komersial akan menghadapi risiko gagal bayar yang tinggi.

Baca Juga: Aturan Crypto Turki Terbaru Akan Lindungi Pengguna & Mendorong Inovasi

Sternlicht juga menyalahkan kebijakan kenaikan suku bunga The Fed yang agresif sebagai penyebab utama krisis sektor properti. Ia mengatakan bahwa kenaikan suku bunga yang cepat telah membuat biaya pinjaman menjadi lebih mahal, sehingga semakin memperburuk kondisi sektor properti yang sedang lesu.

Prediksi Penutupan Bank

Bank

Sternlicht memperkirakan bahwa dalam waktu dekat, akan terjadi penutupan bank regional dan komunitas secara berantai. Ia memperkirakan bahwa setidaknya satu atau dua bank akan tutup setiap minggu. Hal ini tentu akan berdampak besar pada perekonomian lokal dan masyarakat setempat.

Upaya Penyelamatan Sektor Perbankan

Sternlicht menghimbau pemerintah dan otoritas terkait untuk segera mengambil langkah-langkah penyelamatan untuk mencegah terjadinya krisis perbankan yang lebih besar. Ia menyarankan agar pemerintah memberikan bantuan keuangan kepada bank-bank yang sedang kesulitan dan memperketat regulasi untuk mencegah terjadinya praktik peminjaman yang berisiko.

Baca Juga: ETF Bitcoin Grayscale Batalkan Arus Masuk $66,9 Juta Hanya dalam 2 Hari!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi