Ketakutan Krisis Bank AS Mendorong Harga Bitcoin Naik, Apakah Ini Awal Kebangkitan Crypto?

Ketakutan Krisis Bank AS Mendorong Harga Bitcoin Naik, Apakah Ini Awal Kebangkitan Crypto?

Pasar saham AS merasakan tekanan dari krisis perbankan regional, dan ketakutan akan kejatuhan bank lebih lanjut belum sepenuhnya sirna setelah runtuhnya First Republic Bank. Di sisi lain, ketidakpastian di pasar yang lebih luas mencerminkan sisi terang bagi pasar crypto.

Fenomena umum dalam beberapa bulan terakhir krisis bank adalah kenaikan harga Bitcoin setiap kali saham bank AS merosot karena kejatuhan bank beruntun. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Saham Bank Regional AS Sempat Pulih, Bagaimana dengan Harga Crypto?

perbankan vs crypto
Sumber: Worth Magazine

Menurut Coingape, di awal pekan, saham bank regional AS menunjukkan beberapa pemulihan pada saat pra-pasar, mengarah pada harapan baru akan berakhirnya krisis perbankan. Sementara itu, harga Bitcoin sempat mengalami sedikit penurunan karena muncul berita bahwa exchange crypto Binance menghentikan penarikan Bitcoin.

Baca Juga: Adopsinya Melonjak, Kini Alamat Non-Zero Bitcoin Mencapai 46 Juta!

Christopher Whalen: Lebih Banyak Bank Bisa Gagal

Analisis dan penulis terkenal, Christopher Whalen, mengatakan bahwa kerugian besar dalam neraca bank-bank besar bisa menimbulkan masalah besar. Dia mengatakan kejatuhan perbankan yang akan datang bisa dihindari jika Federal Reserve AS mengubah kebijakan moneter saat ini.

Oleh karena itu, ini bisa menjadi skenario yang mungkin untuk melonjaknya harga Bitcoin dalam beberapa bulan mendatang, jika krisis perbankan berlarut-larut.

“Kecuali jika The Fed bersedia untuk menarik kembali kebijakan mereka saat ini dan memberi bank-bank lebih banyak ruang untuk bernapas, saya tidak berpikir kita akan keluar dari masalah ini. Saya rasa Anda akan melihat lebih banyak bank yang gagal,” ujar Whalen, dikutip dari Coingape, Selasa (9/5/2023).

Baca Juga: Bitdeer Merogoh Kocek Rp7,3 Triliun Demi Bisnis Pertambangan Bitcoin di Bhutan

Bank yang Terlibat Dalam Real Estat Komersial Terkena Dampak

Menurut Coingape, ketika ditanya tentang ekspektasi kerugian di sektor real estat komersial yang muncul pada akhir 2024 atau kuartal pertama 2024, Whalen mengatakan semua bank yang memberikan pinjaman untuk real estat komersial bisa terkena ketidakpastian.

Secara keseluruhan, dengan korelasi terbalik antara saham bank dan harga Bitcoin, pasar crypto mungkin berada dalam posisi yang baik untuk mengalami kenaikan dalam beberapa kuartal ke depan.

Ketakutan akan krisis perbankan AS mendorong harga Bitcoin naik dan menciptakan peluang bagi pasar crypto. Dengan korelasi terbalik antara saham bank dan harga Bitcoin, pasar crypto berpotensi mengalami lonjakan dalam beberapa kuartal mendatang jika krisis perbankan terus berlanjut.

Referensi: