Krisis Kepercayaan Investor: 12 Memecoin Presale Solana Ditinggalkan!

Krisis Kepercayaan Investor: 12 Memecoin Presale Solana Ditinggalkan!

Jakarta, Pintu News – Dalam bulan terakhir, 12 proyek memecoin Solana yang diluncurkan melalui presale telah ditinggalkan, meninggalkan investor dengan tangan kosong setelah mengumpulkan total $26,7 juta.

Penyelidikan yang dilakukan oleh ZachXBT, seorang ahli blockchain, mengungkapkan bahwa banyak dari proyek ini menghilang tak lama setelah mengumpulkan dana yang signifikan, menyoroti risiko besar dalam investasi aset kripto yang spekulatif ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Meningkatnya Kecurigaan di Pasar Memecoin

kecurigaan di pasar memecoin
Sumber: Akun X ZachXBT

Memecoin yang diperdagangkan di Solana telah menjadi sorotan karena volatilitas ekstrem mereka dan kegagalan berulang kali untuk memenuhi harapan pasca-presale. Misalnya, memecoin dengan ticker LIKE yang mengumpulkan 52,220 token SOL (sekitar $7,7 juta) anjlok lebih dari 90% dalam delapan jam pertama peluncurannya dan saat ini nilai pasarannya telah menurun 99,2% dari harga peluncurannya.

Proyek-proyek lain seperti MOONKE dan berbagai upaya lain mengikuti pola yang sama, dengan kebanyakan kehilangan hampir seluruh nilai mereka segera setelah diluncurkan, atau dalam beberapa kasus, gagal meluncurkan token sama sekali meskipun telah mengumpulkan dana yang signifikan.

Baca Juga: 7 Memecoin Teratas Berpotensi Meroket 10-50x Lipat di Tahun 2024

Dampak pada Ekosistem Solana dan Kepercayaan Pasar

Situasi ini menunjukkan betapa cepatnya antusiasme dapat berubah menjadi kekecewaan di dunia memecoin. Meskipun ekosistem Solana dikenal karena kecepatan dan skalabilitasnya, kini juga menjadi tempat bagi spekulasi yang berlebihan, menarik baik peluang maupun antusiasme dari investor.

Kejadian terbaru ini tidak hanya menyebabkan kerugian finansial tetapi juga merusak kepercayaan secara keseluruhan di pasar, memperkuat citra negatif sebagai sarang penipuan.

Kesimpulan dan Saran untuk Investor

Kejadian ini adalah pengingat penting bahwa investasi di memecoin—dan aset kripto spekulatif secara umum—memiliki risiko tinggi. Investor harus melakukan riset yang menyeluruh dan siap menghadapi volatilitas ekstrem sebelum memasukkan dana ke dalam proyek-proyek semacam ini.

Kejadian-kejadian semacam ini menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam proyek kripto untuk membangun dan mempertahankan kepercayaan investor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: