Temuan Terbaru Arkham: Jutaan Dolar Crypto Terlupakan di Kontrak Bridge!

author:

Temuan Terbaru Arkham: Jutaan Dolar Crypto Terlupakan di Kontrak Bridge!

Jakarta, Pintu News – Perusahaan intelijen blockchain Arkham baru-baru ini telah menemukan beberapa alamat kripto yang berisi jutaan dolar yang “macet” atau “terlupakan” di setidaknya dua kontrak bridge besar.

Jutaan Dolar Kripto Terlupakan di Kontrak Bridge

Sumber: X

Dalam sebuah posting X pada tanggal 23 April 2024, Arkham mengungkapkan bahwa banyak akun, termasuk yang terhubung dengan salah satu pendiri Ethereum Vitalik Buterin, bursa kripto Coinbase, dan beberapa whale DeFi, memiliki dana yang signifikan yang terperangkap dalam kontrak bridge Arbitrum dan Optimism.

Baca juga: Vitalik Buterin Suarakan Kekhawatiran Atas Pembaruan FISA Section 702

Salah satu kasus penting melibatkan dompet yang menerima 50 Ethereum dari Buterin, dengan $1,05 juta tertahan di bridge Optimism selama tujuh bulan terakhir. Meskipun jumlahnya besar, ini hanya sebagian kecil dari perkiraan aset kripto Buterin senilai $789 juta.

Contoh lain yang disorot oleh Arkham termasuk dompet Bofur Capital yang berpotensi terkait dengan kreditur Celsius dengan $1,8 juta dalam bentuk Bitcoin (WBTC) yang terperangkap di Arbitrum selama 27 bulan dan $800.000 senilai Ethereum milik Thomasg.eth yang macet di Arbitrum.

Selain itu, Coinbase juga mencoba untuk menjembatani $75.000 dalam USDC ke Ethereum melalui Optimism enam bulan lalu tetapi belum mengklaim dananya.

Mengapa Dana Kripto Terlupakan di Kontrak Bridge?

Meskipun dananya tetap tidak diklaim, pemiliknya mungkin masih mengendalikan dompet dan telah memilih untuk menyimpan kepemilikan mereka di sana untuk sementara.

Namun, bridge telah muncul sebagai target peretasan yang menarik karena potensi kerentanan smart contract, sebagaimana dibuktikan oleh serangan bridge Ronin senilai $650 juta pada bulan Maret 2022 oleh Lazarus Group yang didukung oleh negara Korea Utara.

Baca juga: Saham Crypto AS Meroket di Hari Pertama Perdagangan Pasca Halving Bitcoin!

Dampak Dana Kripto yang Terlupakan

Dana kripto yang terlupakan dalam kontrak bridge dapat memiliki beberapa implikasi. Pertama, hal itu dapat menyebabkan hilangnya akses ke dana bagi pemiliknya, yang dapat mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan.

Kedua, hal itu dapat mengurangi likuiditas keseluruhan pasar kripto, karena dana yang terlupakan tidak dapat diperdagangkan atau digunakan untuk tujuan lain.

Ketiga, hal itu dapat merusak kepercayaan pada bridge kripto, yang dapat menghambat adopsi teknologi blockchain secara lebih luas.

Untuk mengatasi masalah dana kripto yang terlupakan dalam kontrak bridge, beberapa langkah dapat diambil. Pertama, pengguna kripto harus lebih berhati-hati saat menggunakan bridge dan memastikan bahwa mereka memahami sepenuhnya risiko yang terlibat.

Kedua, pengembang bridge harus menerapkan langkah-langkah keamanan yang kuat untuk melindungi dana pengguna dari peretasan dan pencurian. Terakhir, bursa kripto dan penyedia layanan kustodian harus menyediakan mekanisme untuk membantu pengguna memulihkan dana yang terlupakan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: